Kapankah Job Kilang di Malaysia Dibuka Kembali?

51

Pertanyaan:

Kepada Yth. Kepala BP2MI Padang Bapak Joko Purwanto, Saya ingin bertanya terkait lowongan kilang di Malaysia. Kapan lowongan tersebut dibuka kembali? Saya sudah ingin bekerja di kilang di Kuala Lumpur sana, tapi sejak pandemi ini masih belum ada kabar terkait kapan lowongan tersebut buka.

Selain itu, saya ingin bertanya bagaiamana kalau saya berangkat ke Malaysia dulu dengan visa kunjungan ke Malaysia? Kebetulan di sana ada sanak saudara, kemudian nanti saya baru mencari kerja di sana.

Novi, Kabupaten Padangpariaman


Jawaban:
Untuk waktu kapan Malaysia menerima lagi pekerja migran dari Indonesian masih belum bisa ditentukan. Selama masa pandemi ini, Malaysia melakukan kebijakan lockdown dalam arti kata menutup negaranya bagi siapapun dari agar tidak mudah keluar-masuk. Kebijakan lockdown hingga 28 Juni ini kembali diperpanjang pemerintah Malaysia karena adanya lonjakan kasus Covid-19 baru. Sehingga, lockdownnya masih diperpanjang hingga dua pekan ke depan.

Kita berharap agar keadaan segera pulih dan Malaysia dapat segera membuka dirinya untuk pekerja migran indonesia.
Hingga saat ini berdasarkan Kepdirjen Binapenta Nomor 3/1651/PK.02.02/VI/2021 tentang Perubahaan Keempat Atas Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan PenempatanTenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Tentang Penetapan Negara Tujuan Penempatan Tertentu Bagi PMI Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru hanya terdapat 53 negara yang menyatakan membuka diri dan siap menerima Pekerja Migran Indonesia. Di antaranya adalah Amerika Serikat, Brunei Darussalam, Hungaria, Hongkong, Irak, Saudi Arabia, Korea Selatan, Maladewa, Nigeria, Persatuan Emirat Arab, Polandia, Qatar, Rusia, Singapura, Swedia, Swiss, Turki, Zambia dan Zimbabwe. Untuk infromasi lebih lengkap dapat melihat facebook resmi kami dengan nama akun Bppmi Wil-Padang.

Sedangkan pertanyaan soal visa berangkat ke Malaysia, kami UPT BP2MI Padang wilayah Sumatera Barat, sangat tidak menganjurkan menggunakan visa kunjungan jika ingin bekerja di Malaysia.B

Banyak risiko yang timbul jika bekerja ke luar negeri dengan visa kunjungan. Selain melanggar hukum (hukum keimigrasian), juga sangat rawan terhadap penipuan dan kegiatan ilegal. Memang, pengurusannya lebih mudah dan tidak memerlukan dokumen lengkap, tapi hal itu tidak sebanding dengan risiko nanti yang akan dihadapi.

Ada beberapa risiko yang dapat dihadapi jika berangkat tidak sebagaimana mestinya. Pertama, gaji yang diberikan bisa tidak sesuai atau tidak dibayarkan sama sekali oleh pemberi kerja.

Baca Juga:  Aqua Dwipayana Bicara Peran Pemuda di Masa Pandemi Covid-19

Kedua, bekerja secara non-prosedural tentu mendatangkan ketidaktenangan karena bermasalah dengan hukum. Ketiga, ketika timbul permasalahaan saat bekerja akan kesulitan untuk penangananya mengingat karena tidak tercatat pada sistem pemerintah.

Keempat, tiadanya jaminan perlindungan seperti asuransi dan lainnya ketika hendak berangkat, saat bekerja atau bahkan saat kembali ke tanah air. Kelima, terdapat risiko ditangkap dan dideportasi dari Malaysia. Dalam hal ini bahkan didahului dengan penahanan di penjara imigrasi Malaysia.

Sehingga, kami UPT BP2MI Padang wilayah Sumatera Barat mengimbau jika ingin bekerja ke luar negeri patuhi prosedur yang berlaku. Di Sumatera Barat, terdapat beberapa Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang mendapatkan izin dari pemerintah dan dapat meemiliki lowongan untuk bekerja di Malaysia, termasuk di antaranya sebagai operator produksi di kilang Malaysia.

Perusahaan ini memiliki prosedur yang sesuai dengan aturan, seperti adanya perjanjian penempatan yang berisi hak dan kewajiban baik kita sebagai pekerja maupun PT yang membantu memberangkatkan. Di sana juga tertulis jelas berapa gaji minimum ke Malaysia yang biasanya berkisar antara 1200-1500 Ringgit Malaysia per bulan (antara Rp4 juta-Rp5 juta per bulan).

Terdapat 14 P3MI di Sumatera Barat, satu di antaranya adalah P3MI Pusat dan 13 lainnnya adalah P3MI cabang. Perusahan tersebut adalah PT. Andalan Mitra Prestasi (Pusat), PT. Adhi Makmur Oenggoel Insani, PT. Haena Duta Cemerlang, PT. Falia Sinatrya Sejati, PT. Dian Yogya Perdana, PT. Sriti Rukma Lestari, PT. Mardell Anugrah International, PT. Bina Kridatama Lestari, PT. Sarimadu Jayanusa, PT. Rastanura Rayani Saputra, PT. Sahara Fajarindo, PT. Trias Insan Madani, PT. Duta Tangguh Selaras, dan PT. Tekad Jaya Abadi.

Sedangkan untuk data P3MI seluruh Indonesia yang memiliki izin resmi dari Kementerian Tenaga Kerja serta lowongan kerja lainnya, dapat dilihat atau cek langsung di website resmi kami www.bp2mi.go.id. Atau, silakan mendatangi Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja setempat atau silakan mengunjungi kami, UPT BP2MI Padang di Jalan Rasuna Said No. 91 Kota Padang.(*)