Dukungan Jahja Setiaatmadja, BCA Kembali Sponsori Buku Aqua Dwipayana

Bank Central Asia (BCA) kembali mensponsori penerbitan buku karya pakar komunikasi dan motivator nasional, Aqua Dwipayana. Kepastian itu terungkap setelah Aqua berkomunikasi secara virtual dengan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Senin (23/11/2020).

“Semua aktivitas Pak Aqua sangat positif terutama membantu banyak orang. Di antaranya bapak telah membiayai umrah ratusan orang. Terkait dengan itu BCA pasti akan memberikan bantuan pada berbagai kegiatan sosial bapak,” ujar Jahja Setiaatmadja saat komunikasi lewat video call.

Sesuai dengan kesepakatan pekan lalu, kata Aqua, untuk menyambung silaturahim mereka komunikasi lewat video call. Apalagi selama pandemi Covid-19, Jahja selektif ketemu orang. Komunikasinya lebih banyak lewat telefon, zoom dan video call.

“Selamat pagi Pak Aqua dan apa kabar juga? Syukur saya sehat. Semoga bapak juga. Silakan untuk bisa atur waktu silaturahim. Sementara dengan zoom kalau Bapak tidak keberatan, karena aturan protokol kami mengharuskan itu. Maklum Pak usia saya sudah 65 tahun. Kalau Bpak kan masih di bawah 50 ya? Still energik…Terima kasih atas sapaan pagi ini, siap atur waktu. Minggu depan ya pak. Terima kasih. Salam hormat untuk Bapak dan keluarga. Sehat selalu,” tulis Jahja merespons WA Aqua pada minggu lalu.

Kemudian Aqua dan Jahja melanjutkan komunikasi lewat WA. Disepakati ngobrolnya lewat video call pada Senin siang kemarin.

Aqua mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi Jahja karena di sela-sela jadwalnya yang sangat padat memimpin bank swasta terbesar di Indonesia itu, masih menyempatkan waktu silaturahim dengannya. Apalagi selalu hangat dan akrab setiap berkomunikasi.

Senin kemarin sekitar pukul 11.00 sesuai waktu yang disepakati, Aqua mengontak Aqua. Bapak dua putri itu sedang di ruang kerjanya di Menara BCA, Grand Indonesia Jl M. H. Thamrin No 1 Jakarta Pusat. Sedangkan posisi Aqua berjarak sekitar 4 km dari sana, tepatnya di Hotel Mercure Cikini Jl Raya No 66.

Begitu saling melihat wajah, keduanya langsung menyapa. Jahja kemudian memperlihatkan meja kerjanya yang penuh tumpukan kertas yang harus ditandatangani dan didisposisinya.

“Meski pandemi Covid-19 pekerjaan saya tetap banyak Pak Aqua. Ini berkas-berkas yang harus saya baca dan cek,” kata Jahja sambil mengarahkan kamera ke meja kerjanya.

Merasakan Kecanggihan Teknologi BCA

Kemudian Jahja menjelaskan kinerja BCA yang masih kinclong selama pandemi Covid-19. Salah satu penyebabnya karena sejak sekitar empat tahun lalu bank terbesar nomor tiga di Indonesia itu fokus memperkuat teknologi informasinya.

“Berkat teknologi informasi yang kami miliki, selama pandemi Covid-19 ini kinerja BCA tetap relatif baik. Terjadi penurunan nasabah yang datang ke bank sebanyak 50 persen. Sedangkan yang ke ATM turun sekitar 30 persen. Menariknya nasabah baru yang mendaftar lewat online tanpa datang ke kantor BCA setiap hari rata-rata bertambah 7.000 nasabah,” jelas Jahja.

Aqua dengan serius menyimak semua penjelasan Jahja yang sangat menarik. Apalagi penyampaiannya secara sistematis dan lengkap dengan datanya.

“Pak Jahja, saya merasakan seperti sedang kuliah S3. Bapak dosennya sedangkan saya mahasiswanya,” ungkap Aqua yang disambut tawa oleh Jahja.

Sebagai nasabah BCA, Aqua mengaku dirinya merasakan kecanggihan teknologi bank milik Grup Djarum Kudus itu. Semua transaksi sangat mudah dan seluruhnya ada dalam genggaman. Sehingga selama pandemi Covid-19 meski sekitar 3 bulan di rumah, transaksi perbankannya lancar.

“Hal serupa tentunya dirasakan jutaan nasabah BCA lainnya. Mereka dimanjakan dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki bank itu,” kata doktor Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung ini.

Dalam pertemuan virtual itu, Jahja menceritakan banyak hal lain yang terkait dengan BCA. Semuanya dinilai Aqua sangat menarik dan bermanfaat.

Sponsor Buku

Kepada Jahja, Aqua melaporkan tentang perkembangan buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

*Saya wajib menyampaikan hal tersebut karena BCA salah satu yang mensponsori buku itu,” jelas Aqua.

Empat tahun lalu tepatnya Maret 2016 saat ketemu Jahja di kantornya di Jakarta, Aqua telah menginfokan rencana menerbitkan buku itu. Rencananya sebagai salah satu suvenir saat dirinya promosi doktor Komunikasi di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung pada Jumat, 15 April 2016.

*Kepada Jahja saya menawarkan BCA untuk jadi sponsor buku tersebut. Saat itu langsung Jahja menyanggupi dan minta stafnya untuk mengurus teknisnya,” katanya.

Aqua bersyukur karena buku tersebut jadi super best seller. Buku itu telah delapan kali cetak sebanyak 160 ribu eksemplar. Setiap cetak 20 ribu eksemplar. Hasil penjualannya sudah dipakai untuk berbagai kegiatan sosial termasuk membiayai umrah ratusan orang yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.

Jahja senang dengan semua laporan yang disampaikan Aqua. Bahkan, memberikan apresiasi atas hal tersebut dan memotivasi untuk terus berkarya.

Selanjutnya, Aqua menginformasikan rencana menerbitkan dua buku lagi dan minta dukungan BCA. Langsung Jahja menyanggupinya.

“Nanti saya minta Ibu Inge untuk kontak Pak Aqua terkait dengan sponsor dua buku itu,” ungkap Jahja. Inge yang dimaksud adalah Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA, Inge Setiawati.

Rencananya dalam waktu dekat Aqua akan menerbitkan dua buku. Masing-masing buku itu akan dicetak sebanyak 20 ribu eksemplar sehingga totalnya 40 ribu eksemplar. Jika peminatnya banyak akan dicetak ulang dengan jumlah yang sama seperti buku terdahulunya.

Salah satu buku yang akan diterbitkannya berjudul “Humanisme Silaturahmi Menembus Batas”. Isi buku ini tentang empat tahun persahabatan Aqua dengan direktur utama Duta Anggada Realty, Ventje Suardana.

Atas ridha dari Tuhan dan dukungan semua pihak, Aqua optimistis dua buku itu akan banyak peminatnya seperti buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Jahja atas bantuannya yang kembali mensponsori buku saya. Alhamdulillah,” ucapnya, Selasa (24/11/2020).(esg)