Di Depan Wali Kota dan Mahasiswa, Fadli Zon Sampaikan Diplomasi Total

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon Datuak Bijo Dirajo Nan Kuniang bersama anggota BKSAP, Fadhullah dan rombongan kunjungan kerja ke Kota Padangpanjang, Sabtu (28/11/2020).

Rombongan tersebut disambut Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran Datuak Paduko Malano beserta Wakil Ketua DPRD Yulius Caisar, Sekko Sonny Budaya Putra, para asisten dan kepala OPD di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota.

Dalam kegiatan ini Fadli Zon menyampaikan tentang diplomasi parlemen sebagai bagian diplomasi total Indonesia.

“Konteks diplomasi total, melibatkan secara aktif semua komponen bangsa. Dengan begitu, diplomasi kita akan berhasil mencapai kepentingan nasional,” jelasnya di acara yang juga dihadiri Kabiro Pemerintahan Pemprov Sumbar, anggota DPRD, perwakilan mahasiswa STIT Diniyyah Puteri, Universitas Muhammadiyah Sumbar (UMSB) serta perguruan lainnya yang menyaksikan secara virtual.

Fadli Zon menjelaskan tentang konsep diplomasi total yang telah terbangun sejak zaman kemerdekaan melalui Pidato Bung Hatta “Hanya dengan melibatkan secara aktif semua komponen bangsa maka diplomasi kita akan berhasil mencapai kepentingan Kita,” dan juga konsep mendayung di antara dua karang yang bersifat bebas aktif.

Baca Juga:  Nevi Letakkan Batu Pertama, Raudhatul Atfal Kasih Ibu Mulai Dibangun

Politisi Partai Gerindra itu juga menjelaskan fleksibilitas diplomasi parlemen yang bisa lebih lugas dan cair dalam menjalin hubungan dengan aktor negara lain. Terlebih diplomasi parlemen memiliki keunggulan lain dalam melakukan pendekatan ke negara-negara dengan sistem parlementer.

Dalam sesi diskusi, sebagian besar peserta menggarisbawahi isu-isu terkait pembangunan berkelanjutan (SDGs) sebagai hal yang perlu diperjuangkan khususnya dalam isu pendidikan dan penguatan tata kelola (antikorupsi).

“Salah satu fokus BKSAP adalah diplomasi dalam isu-isu kebutuhan dasar manusia,” ujar politisi berdarah Minang itu.

Sementara itu, Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran mengapresiasi kunjungan BKSAP DPR RI yang dipimpin Fadli Zon.

“Ini suatu kebanggaan bagi Kota Padangpanjang karena dapat bertukar pikiran dan memahami tentang diplomasi yang dilakukan parlemen Indonesia,” ujar Fadly.(rel)

Previous articlePandemi Covid, Lulusan SMK SMTI Padang Tetap Diserap Dunia Industri
Next articleWarga Sumbar Terinfeksi Covid-19 telah Mencapai 19.670, Sembuh 85,23%