Dukung Program TMMD ke-110, Korem 032/Wbr Apresiasi Semen Padang

Oktoweri menyerahkan secara simbolis bantuan semen kepada Dansatgas TMMD ke-110 di Mentawai, Letkol Czi Bagus Mardianto.

Korem 032/Wirabraja mengapresiasi PT Semen Padang yang telah berkontribusi dalam menyukseskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 yang digelar di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Hal itu disampaikan Kasi Teritorial (Kasiter) Korem 032/Wirabraja Kolonel Kav. Husnizon saat menghadiri acara penutupan TMMD ke-110 yang digelar di Aula Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tuapejat, Rabu (31/3/2021).

Acara penutupan TMMD di Kepulauan Mentawai dengan tema “Wujud Sinergi Membangun Negeri” itu, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kolonel Kav. Husnizen yang disaksikan oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabanggalet, Dandim 0319/Mentawai Letkol Czi Bagus Mardianto, S.T.M.Tr (HAN), serta Danlanal Persiapan Mentawai Letkol Laut (KH) P. Patrisius Sirait, S.Si.

Kemudian, juga hadir menyaksikan Kapolres Mentawai AKBP Mu’at SH.MM, Kepala Kantor SAR Mentawai Akmal dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kepulauan Mentawai. Sedangkan dari PT Semen Padang, hadir Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Oktoweri dan sejumlah staf Unit CSR PT Semen Padang.

Kolonel Kav. Husnizon menyebut bahwa pihaknya mengapresiasi PT Semen Padang, karena kesuksesan program TMMD di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini, juga tidak terlepas dari dukungan PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan semen untuk kegiatan program TMMD.

Untuk itu, ia mewakili Danrem 032/ Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada, mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang. “Semoga ke depannya, sinergi ini terus berlanjut untuk program TMMD yang akan datang,” katanya.

Dandim 0319/Mentawai Letkol Czi Bagus Mardianto, S.T.M.Tr (HAN) menyampaikan laporan hasil program TMMD ke-110. Kata Bagus, TMMD ini digelar bertujuan untuk mempercepat program pembangunan di Kepulauan Mentawai.

Sebelum pelaksanaan program TMMD ini, pihaknya terlebih dahulu melakukan pra TMMD yang digelar dari tanggal 8-28 Februari 2021. Kemudian untuk pelaksanaannya, dari tanggal 2-31 Maret 2021. “Selain didukung PT Semen Padang, program ini mendapat dukungan dari sejumlah pihak lainnya, seperti Bank Nagari dan Bulog,” katanya.

Dansatgas TMMD di “Bumi Sikerei” itu juga menyampaikan kegiatan program TMMD di Kepulauan Mentawai, yaitu kegiatan berupa fisik dan non fisik. Untuk fisik, yaitu pembukaan akses jalan di Tuapejat sepanjang 6 kilometer dengan lebar 10 meter, dan pembuatan parit kanan kiri dengan kedalaman 1 meter di sepanjang akses jalan yang dibuka tersebut.

Baca Juga:  Komut Semen Padang Letakkan Batu Pertama, SPH Dilengkapi Masjid

“Pembukaan akses jalan sepanjang 6 kilometer itu meraih over prestasi, karena perencanaannya hanya 5 kilometer, tapi jadinya 6 kilometer. Karena itu, saya selaku Dansatgas TMMD Mentawai, mengucapkan terimakasih kepada seluruh prajurit yang terlibat, dan juga kepada semua pihak yang mendukung program TMMD ini,” ujarnya.

Selain membuka akses jalan, kegiatan fisik lainnya adalah merehab rumah tidak layak huni sebanyak 5 unit, rehab masjid dan gereja masing-masing 2 unit, serta membuat jembatan sementara sebanyak 3 unit dengan rincian, 1 unit jembatan sepanjang 18 meter dengan lebar 4 meter dan 2 unit jembatan sepanjang 23 meter dengan lebar 4 meter.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik, Bagus menjelaskan bahwa pihaknya melakukan berbagai kegiatan penyuluhan dan sosialisasi Di antaranya, penyuluhan tentang kebangsaan, penyuluhan tentang bela negara, penyuluhan tentang hukum, pertanian dan peternakan.

Kemudian, penyuluhan tentang penanggulangan bencana, penyuluhan tentang gizi dan ibu melahirkan, penyuluhan penegakan disiplin dan protokol Covid-19, penyuluhan tentang hidup bersih dan sehat, tentang penyakit tidak menular, pelayanan KB. “Selain itu, juga ada penyuluhan tentang stanting dan sosialisasi kerukunan antar umat beragama,” bebernya.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengucapkan terimakasih kepada Korem 032/Wirabraja dan jajarannya, serta pihak lain yang terlibat dalam menyukseskan program TMMD di Kepulauan Mentawai, termasuk PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan semen untuk pelaksanaan program TMMD.

“Terima kasih untuk TNI dan semua pihak yang telah membantu menyukseskan program TMMD di Mentawai. Saya berharap tiap tahun di Mentawai ini digelar TMMD, karena Kepulauan Mentawai merupakan daerah 3T, yaitu Tertinggal, Terdepan dan Terluar yang butuh perhatian semua pihak,” katanya.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan bahwa PT Semen Padang bukan kali ini saja turut serta bersinergi dengan TNI dalam pelaksanaan program TMMD, tapi sudah sejak lama. Sinergi tersebut tak hanya melalui TMMD, tapi juga sinergi dalam bentuk lain.

“Pada TMMD sebelumnya yang juga digelar di Mentawai, PT Semen Padang juga turut terlibat. Kemudian untuk tahun ini, PT Semen Padang kembali bersinergi dengan TNI dalam program TMMD di Mentawai, dan TMMD di Padang Pariaman. Tujuannya juga sama, yaitu untuk mendukung program pembangunan di Padang Pariaman,” katanya.

Total bantuan PT Semen Padang untuk program TMMD di Mentawai, dan di Padang Pariaman adalah sebanyak 500 sak semen. (*)

Previous articleM Yusuf Minta KPK, Jaksa Agung & Kapolri Usut Tipikor di Tanah 765 Ha
Next articlePertama, Booth Serambi Milk Hadir di Padangpanjang