Empat Pelaku Pungli Ditangkap

ilustrasi. (JawaPos.com)

Para terduga pelaku pungutan liar di jalan Sumbar-Riau yang sebelumnya berhasil kabur dari kejaran tim Buru Sergap (Buser) Polres Limapuluh Kota, akhirnya ditangkap di Jorong Lubuakjantan, Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (26/12).

Sabtu dinihari sekitar pukul 01.07, Polres Limapuluh Kota bersama jajaran Tim Buser Satreskrim yang di-back up Pers Polsek Pangkalan Polres Limapuluh Kota, berhasil menangkap seorang pelaku pungutan liar (pungli).

Praktik pungli yang kerap dilakukan dengan modus meminta sumbangan dengan berkedok jalan rusak, tablig akbar atau acara kepemudaan terhadap kendaraan yang melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sumbar-Riau. Semua ini kerap meresahkan pengguna jalan.

Pelaku yang berhasil diamankan sebanyak 4 orang berinisial, R, 32; AA, 22; AS, 34 dan A, 40, ditangkap saat sedang melakukan praktik pungli di Jorong Lubuakjantan, Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan, Limapuluh Kota. Penangkapan dilakukan setelah didapatkan laporan dari korban melalui layanan laporan polisi 110 tanggal 25 Desember 2020, sebelumnya.

”Penangkapan terhadap sejumlah orang ini berawal dari informasi pelapor yang sedang melintas di jalinsum dari Provinsi Riau menuju ke Sumbar,” terang Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso melalui Kasat Reskrim AKP Nofrizal Chan, Minggu (27/12) dini hari.

Baca Juga:  Usai Diswab, 30 Orang Lagi Warga Durian Gadang Positif Covid-19

”Dari pengintaian tim Buser Polres Limapuluh Kota, oknum pungli ini melakukan pungli dengan modus jalan rusak, acara kepemudaan hingga tablig akbar, dengan meletakkan kursi di badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Kemudian, pelaku langsung menyodorkan kotak dan meminta uang kepada para pengendara yang lewat,” terang Kasat Reskrim.

Selanjutnya, Sabtu (26/12) pukul 23.00, berdasarkan hasil melakukan penyelidikan diperoleh bukti permulaan cukup kuat dan mengarah kepada pelaku. ”Lalu, dilakukanlah pembuntutan terhadap empat orang pelaku yang sedang melakukan pungli di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Jorong Lubuakjantan Manggilang dan diketahui pelaku sedang melakukan pungli di jalan lintas tersebut,” pungkas Kasat, AKP Nofrizal Chan. (fdl)

Previous articleSehari, 3 Rumah Ludes Terbakar
Next articleApril, Pasar Pariaman Ditempati