Tiga Kali MTQ belum dapat Medali, Syeftian: Saya takkan Pernah Berhenti!

65

Meski belum pernah meraih medali dalam kegiatan MTQ, Syeftian Harchanio tidak pernah putus asa. Ia terus giat berlatih, terus berlomba dalam setiap MTQ.

Kafilah asal Kota Sawahlunto itu, kini mengikuti MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumbar di Kota Padangpanjang yang dibuka Sabtu (13/11/2021) malam.

“Ini sudah kali ketiganya saya ikut perlombaan MTQ Nasional. Saya tidak akan pernah berhenti hingga saya berhasil meraih medali,” katanya kepada Tim Kominfo Padangpanjang, Minggu (14/11).

Hingga saat ini, dia masih penasaran. Masih terus berupaya menggali potensi diri. Bahkan, dia sering bertanya-tanya pada dirinya. “Apa kekurangannya? Apa yang belum ada? Apa yang membuat ia belum berhasil meraih medali?”

“Kadang saya terpikir, kenapa orang-orang bisa menang? Kenapa saya belum?” Dengan pertanyaan inilah Syeftian tetap gigih untuk ikut berlomba di MTQ ini.

Dengan tekad kuat untuk menjadi yang terbaik, Syeftian telah banyak mempersiapkan diri jauh sebelum perlombaan ini akan dimulai.

Dia mulai menghafal beberapa kaidah-kaidah yang dinilai dalam perlombaan. Bahkan membeli buku referensi untuk perlombaan ini.

Tiga kali ikut berlomba, tiga kali pula ia ikuti perlombaan di cabang yang berbeda. Ketika MTQ di Kota Sawahlunto, katanya, ikut MTQ Cabang Tilawah. Namun, belum bisa memberikan yang terbaik.

Begitu pula saat MTQ di Kota Solok. Dia tampil di cabang berbeda, tapi juga tidak menjadi juara. Saat ini di Kota Padangpanjang, Syeftian ikut perlombaan Qiraat Al Quran Murrotal Remaja.

Ada tiga ayat yang akan dilombakan nantinya. Ketiga ayat tersebut sudah diberikan Dewan Hakim 16 jam sebelum penilaian pada peserta. Sehingga peserta bisa menelaah dan menghafal sebelum perlombaan. Ini kesempatan yang besar bagi Syeftian untuk berusaha bisa menjadi juara.

“Saya berharap di perlombaan kali ini bisa menorehkan prestasi dan menjadi yang terbaik untuk Kota Sawahlunto,” katanya.(rel/wrd)