Kiprah Aipda Syaiful Hendra, Anggota Polri Pengayom Generasi Muda

373
FIGUR INSPIRATIF: Aipda Syaiful Hendra memeriksa absensi kehadiran para santri yang mengikuti program menghafal Al Quran di STQ Mushala Firdaus, Kamis (13/10).(RIFA YANAS/PADANG EKSPRES)

Pria berseragam polisi yang satu ini bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Nagari Pasia, Kepolisian Sektor (Polsek) IV Angkat Canduang.

Namanya, Syaiful Hendra. Hingga kini, dia merupakan personel Polri berpangkat Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda). Di sela-sela tugasnya sebagai abdi negara, Aipda Syaiful Hendra merangkul generasi muda untuk menjadi penghafal Al Quran. Bagaimana kiprahnya?

FENOMENA kecanduan gadget kian mengganas. Hatinya gundah kondisi itu menyasar generasi muda bahkan kelompok anak di bawah umur. Berawal dari keresahan itu, Aipda Syaiful Hendra ingin seragam dinasnya bisa berarti lebih. Ia ingin berkontribusi dalam mencegah paham radikalisme, serta membentuk generasi muda yang berbudi pekerti dan terhindar dari perbuatan melanggar hukum.

“HP sudah menjadi barang yang sulit dikontrol. Di sana banyak akses negatif. Mulai dari game, hingga tontonan tidak sehat. Belum lagi informasi hoaks dan menyesatkan. Paparan efek negatif ini hanya bisa dialihkan apabila anak-anak serta kaum muda memiliki kesibukan lain yang bernilai positif,” kata Aipda Syaiful Hendra membuka percakapan ditemui di ruang kerjanya, beberapa hari lalu.

Sosok berusia 39 tahun ini benar-benar ramah. Saat dihubungi pertama kali, Aipda Syaiful Hendra langsung merespon dengan humanis. Komunikasi dapat langsung terjalin seolah dua individu yang sudah saling kenal sejak lama.

“Saya sedang bertugas, Pak. Setelah makan siang ini akan pulang ke rumah, nanti silakan datang ke pondok,” sahutnya menjawab permintaan wawancara Padang Ekspres, Kamis (13/10) siang.