Serba-serbi HUT RI ke-76: Bupati Namai Bayi Yang Lahir Pada 17 Agustus

7
MOMEN SPESIAL: Bupati Tanahdatar Eka Putra saat meninjau bayi yang lahir pada Hari Kemerdekaan RI, Selasa (17/8) di salah satu rumah sakit di Tanahdatar.(IST)

HUT Kemerdekaan bagi setiap orang memiliki momen tersendiri. Di Tanahdatar, 3 bayi lahir pada momen 17 Agustus. Bagi orangtua mereka. Kehadiran buah hati itu menjadi kado spesial, apalagi sampai bupati langsung yang memberi nama.

Bupati Tanahdatar Eka Putra kaget mendengar kabar ada tiga bayi yang lahir bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 RI di Tanahdatar. Menurutnya ini kejadian unik dan khusus. Usai pelaksanaa upacara Kemerdekaan, ia bersama staf langsung mengunjungi rumah sakit tempat bayi-bayi itu dilahirkan.

Sesampai di rumah sakit, bupati menyemangati orang tua bayi, bahkan juga memberi nama bayi-bayi tersebut setelah mendapat persetujuan dari orang tuanya.

“Bayi yang lahir pada momentum perayaan HUT Kemerdekaan ke-76 RI tentu memiliki catatan sejarah sendiri bagi keluarga. Berdasarkan informasi yang saya terima ada tiga bayi yang lahir di hari kemerdekaan tepatnya tanggal 17 Agustus 2021 ini yaitu dua orang laki-laki dan satu perempuan, satu bayi lahir di RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar jenis kelamin laki-laki, satu di RSIA Sayang Ibu Batusangkar jenis kelamin laki-laki dan satu jenis kelamin perempuan lahir di RSIA Fadilah Batusangkar,” tutur Eka Putra.

Kepada ketiga orangtua bayi, bupati menyampaikan selamat dan turut berbahagia serta mendoakan semoga kelak anak yang dilahirkan berbakti kepada orang tua, agama, nusa dan bangsa serta menjadi anak sholeh dan sholeha.

Di kesempatan itu, bupati memberi nama untuk dua bayi laki-laki dengan persetujuan orang tuanya, dua bayi laki-laki diberi nama Agus Eka Putra dan Hutri Eka Putra. Agus Eka Putra lahir di RSUD M. pukul 07.45 dengan berat badan 2.8 kg dan tinggi badan 49 cm secara normal. Anak ini lahir dari pasangan Supriadi dan Fitriyanti dari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas, bekerja sehari-hari sebagai petugas kebersihan di Taman Pagaruyung (THL pada Dinas LH Tanahdatar).

Sementara untuk bayi kedua lahir di RSIA Sayang Ibu Batusangkar secara normal, berjenis kelamin laki-laki beratnya 3,4 kg dan tinggi 48 cm, lahir pada pukul 12.50. Anak dari pasangan Ari Azari dan Suci Nur Sahada warga nagari Padangmagek, Kecamatan Rambatan, yang atas izinnya orangtua, bupati memberi nama Hutri Eka Putra.

Di RSIA Fadilah Batusangkar, bupati disambut Pimpinan dr.Yogi. Dia mengatakan telah lahir satu bayi perempuan dari Joni Hermanto dan Imas Dewi Inesita pada jam 00.15 secara sesar dengan berat 2,7 kg dan panjang 48 cm warga Nagari Limakaum Kecamatan Limakaum yang diberi nama Najwa Ghania Joemas.

“Alhamdulillah, suatu kehormatan, kebanggaan dan kado terindah untuk Najwa putri kami dikunjungi Bupati Eka Putra di hari yang spesial ini dan semoga menjadi motivasi bagi kami mendidik Najwa untuk tumbuh menjadi anak yang sholehah, berbakti pada orangtua, agama, nusa bangsa serta bermanfaat bagi sesame,” ungkap Joni selaku ayah bayi. (***)