Flora Flesia Tanjung, Anggota Paskibraka Nasional Dari Pessel

41
MEMBANGGAKAN: Flora Flesia Tanjung, anggota Paskibraka Nasional saat menerima bonus Rp 5 Juta dari Pemkab Pessel yang langsung diserahkan Bupati Rusma Yul Anwar.(IST)

Terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional merupakan hal yang sangat membanggakan. Apalagi pengukuhan dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Hal itu dirasakan Flora Flesia Tanjung, 16,  asal Kabupaten Pesisir Selatan. Prestasinya itu ia persembahkan untuk orangtua, daerah dan diharapkan bisa menjadi penyemangat pelajar lainnya.

Ya, pengukuhan Paskibraka Nasional dilakukan Presiden pada 12 Agustus 2021 lalu. Menjadi pasukan pengibar benberah Indonesia saat perayaan HUT Kemerdekaan RI merupakan impian setiap pelajar. Hanya pelajar-pelajar pilihan dan sudah melewati berbagai seleksi yang bisa tergabung dalam pasukan pengibar bendera itu.

Bagi Flora Flesia Tanjung, 16, bergabung hingga ke nasional tidak pernah terbayangkan sama sekali. Ia kaget karena telah terpilih. Anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Anton Chaniago 62, dan Gusyanti 51, warga Kampung Pasar Tarusan, Nagari Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kemudian berkomitmen sungguh-sungguh menjalankan amanah itu.

Ia tidak minder meski orangtuanya hanya penjual nasi goreng. Sehingga tugas yang diberikan dapat dijalankan dengan sukses oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan tersebut pada peringatan HUT ke-76 RI pada 17 Agustus 2021 lalu di Istana Merdeka.

Gusyanti, ibunda Flora Flesia saat menyambut kedatangan putrinya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sabtu (21/8) kepada Padang Ekspres mengaku sangat terharu ketika melihat buah hatinya tampil di Istana Merdeka pada upacara pengibaran bendera merah putih.

“Tangis haru dan bahagia tidak bisa saya tahan ketika melihat anak saya tampil di Istana Merdeka sebagai pasukan Paskibraka pada HUT ke-76 RI pada tanggal 17 Agustus 2021 lalu. Saat itu kami seluruh keluarga menonton penampilan Flora melalui televisi di rumah, termasuk tetangga,” katanya.

Dikatakan Gusyandi, untuk membiayai kebutuhan keluarga dan anak-anaknya, dia sehari-hari bekerja sebagai penjual nasi goreng di belakang Pasar Tarusan.

“Dengan terpilihnya anak saya sebagai salah satu pasukan Paskibraka pada HUT ke 76 tahun ini, memang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Namun saya berharap ini akan menambah semangatnya dalam mengejar cita-cita nanti,” ungkapnya.

Ditambahkannya, anaknya itu dari kecil memang bercita-cita ingin menjadi polisi. “Dari kecil dia bercita-cita ingin menjadi polisi. Ini tentu sangat kami dukung sebagai orang tua, dan berharap dia semakin bersemangat pula setelah sukses menjalankan amanahnya sebagai anggota Paskibraka di Istana Merdeka itu,” harapnya.

Flora merupakan anak yang disiplin serta juga penurut dengan nasihat orangtua, serta juga pandai bergaul dengan teman-teman sebaya.

“Karena patuh dan juga disiplin, sehingga dia selalu menjadi contoh bagi adiknya. Dalam keseharian, dia juga selalu berpenampilan sederhana, serta mensyukuri apa yang dia dapat. Sebab sebagai penjual nasi goreng, tentu saya tidak bisa memberikannya barang-barang mewah dan bermerek seperti teman-temannya yang lain dari keluarga mampu,” ucapnya.

Selain keluarga dan tetangga, keberhasilan Flora ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Pessel. Sebab selama ini memang belum ada wakil yang berasal dari daerah itu sampai maju ke Istana Merdeka sebagai anggota Paskibraka.

Hal itu diakui Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, yang ikut menyambut kedatangan Flora Flesia, di Bandara Internasional Minangkabau Sabtu (21/8).
Disampaikannya, sebagai warga Pessel dia mengaku bangga karena salah satu anggota Paskibraka Nasional berasal dari daerahnya.

“Saya sangat bangga dengan Flora Flesia Tanjung, karena sukses menjalankan tugasnya sebagai anggota Paskibraka pada upacara peringatan HUT RI ke 76 di Istana Negara. Dan ini merupakan wakil pertama utusan dari Pessel,” katanya.

Atas prestasi tersebut sehingga pemerintah daerah akan memberikan penghargaan, dan direncanakan akan diundang menghadiri apel gabungan pada Senin (23/8) (hari ini, red) di kantor Bupati Pessel.

“Ini prestasi yang patut diapresiasi karena bisa memacu semangat adik-adiknya. Kita berharap semoga keberhasilan yang diraih Flora ini akan tetap terus ada di masa datang yang berasal dari daerah ini,” harapnya.

Sementara itu, Flora Flesia, saat penyambutan kedatangannya terlihat haru. Dia juga tidak membayangkan sebelumnya akan mendapat sambutan hangat dari pemerintah daerah (Pemda) Pessel, dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhimpunan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) H Sengaja Budi Syukur, dan dari kedua orang tua yang dicintainya.

Dalam kesempatan itu dia tidak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang selama ini telah memberikan doa dan dukungan.

“Terus terang prestasi sebagai anggota Paskibraka nasional ini mustahil bisa saya raih tanpa dukungan dari semua. Tidak bisa saya menyebutkan satu-persatu, namun yang pasti saya mengucapkan terimakasih kepada semuanya, terutama sekali kepada kedua orangtua, bapak dan ibu guru di sekolah dan lainnya,” kata Flora.

Kepada Padang Ekspres dia menyampaikan, apa yang sudah diraihnya itu akan menjadi penyemangat pula bagi adik-adiknya nanti agar pula bisa mengikuti jejaknya.

“Namun ini bukanlah puncak dari sebuah keberhasilan, sebab jalan masih panjang yang akan saya lewati. Prestasi ini saya persembahkan kepada kedua orang tua saya, dan juga terhadap sekolah saya tempat menimba ilmu,” ungkapnya.

Dia juga berharap ini akan menjadi langkah maju pula baginya untuk mengejar cita-citanya setelah tamat sekolah nanti. “Sebab dari kecil saya memang bercita-cita ingin menjadi polisi. Bila melihat polisi wanita (polwan) di televisi, saya akan selalu senang dan ingin pula memiliki baju seragam seperti itu. Semoga Allah mengabulkan cita-cita saya,” harapnya dengan diamini ibunya.

Diberi Bonus Oleh Bupati

Senin (23/8), Flora Flesia Tanjung, diundang oleh Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, untuk menghadiri apel gabungan di halaman kantor bupati setempat. Kehadiran Flora Flesia, pada apel gabungan yang juga dihadiri oleh Pj Sekkab Pessel, Luhur Budianda, para kepala perangkat daerah, staf ahli, asisten, dan para pejabat eselon III di jajaran Pemkab Pessel, itu, mendapat sambutan hangat ASN yang hadir.

“Prestasi yang diraih Flora Flesia, ini patut mendapatkan apresiasi oleh pemerintah daerah dan masyarakat Pessel secara umumnya. Sebab terpilih sebagai anggota Paskibraka nasional dan tampil di depan presiden di istana negara pada upacara HUT kemerdekaan RI ke 76 pada tanggal 17 Agustus 2021 lalu, bukanlah hal yang mudah,” kata Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, kepada wartawan kemarin.

Karena berprestasi, Pemkab Pessel memberikan bonus sebesar Rp 5 juta. “Walau jumlahnya tidak besar, namun ini merupakan sebuah apresiasi dari pemerintah daerah guna memberikan motivasi dan semangat kepada Flora Flesia, agar terus berprestasi di masa datang,” katanya.

Atas nama pemerintah daerah dan secara pribadi, bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Flora Flesia karena telah mengharumkan nama Pessel di tingkat nasional.

“Saya berharap di masa datang tetap ada anak-anak Pessel yang mengikuti jejak langkah Flora Flesia. Motivasi itu diharapkan juga bisa ditularkan Flora kepada para junior-juniornya agar Pessel semakin dikenal lagi di tingkat nasional nantinya,” harap Rusma Yul Anwar.

Selain dari pemerintah daerah sebesar Rp 5 juta, Flora Flesia juga mendapatkan bonus dari Bank Nagari Cabang Painan Rp 1 juta, termasuk juga voucher dari Hotel Hannah Syariah Painan. Bahkan Komunitas Wisata Kuliner Pessel juga memberikan voucher, dengan total nilai mencapai Rp 5.150.000 pula setelah apel gabungan tersebut. (*)