Atiqah Hasiholan Waspadai Anak Terimbas Stres

Aktris Atiqah Hasiholan mau tak mau harus lebih banyak berdiam diri di rumah selama pandemi korona. Ibu satu anak ini menuturkan kegiatannya sebelum wabah virus korona muncul tak jauh berbeda dengan sekarang.

Istri Rio Dewanto ini banyak menghabiskan waktu di rumah selama tak ada pengambilan gambar. Bedanya, dirinya kini tidak bisa bepergian ke luar rumah saat rasa penat melanda.

Waktu luang di rumah dimanfaatkan Atiqah untuk memperdalam kemampuan memasak, kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama dengan putrinya Salma.

Atiqah juga harus pintar-pintar mencari kegiatan yang sekaligus bisa dilakukan putri kecilnya itu. “Di usia Salma sekarang ini, dia belum bisa lihat ibunya fokus sama hal lain, ‘nyuekin’ dia, jadi aku cari kegiatan yang Salma bisa ikutan,” ujar Atiqah.

Menurut Atiqah, rasa stres yang dialami orang tua terkait pandemi tak boleh sampai berimbas pada anak. Orang tua harus membuat rumah jadi tempat paling menyenangkan tanpa menularkan kekhawatiran yang menggelayuti pikiran.

“Tiap orang tua pasti punya cara-cara sendiri membuat rumahnya jadi the happiest place on earth untuk anak-anaknya di saat seperti ini, jangan sampai anak-anak kita kena imbas stress orang tua di masa yang serbatidak bisa diperkirakan ini,” ucap Atiqah.

Dalam akun Instagram, Atiqah mengunggah video kegiatan seru yang ida lakukan bersama keluarga, seperti menari diiringi musik ceria dan lampu kelap-kelip.

“Sebisa mungkin fokus sama apa yang membahagiakan anak di rumah, challenging sih. Aku juga bisa melihat Salma sudah merasa suntuk, tapi dia belum bisa mengekspresikan itu,” kata Atiqah.

Untungnya, Salma bisa memahami penjelasan orang tua untuk bersabar dan tinggal di rumah lebih lama demi berlindung agar tidak terjangkit virus. (*)