Pengunjung Pantai Puruih Padang Bisa “Cuci Mata” Lihat Pameran Bonsai

53

Komunitas pencinta bonsai yang tergabung dalam Rumah Bonsai (RUBI) Kota Padang menggelar pameran bonsai di Pelataran Pantai Puruih, Padang, mulai Sabtu (6/11).

Pameran yang akan berlangaung pada 6-14 November tersebut akan dibuka Wali Kota Padang Hendri Septa.

“Pameran kerja sama RUBI Kota Padang dengan Dinas Pariwisata Padang ini bentuk kepedulian dalam menyemarakan serta promosi pariwisata yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19,” ujar Pembina RUBI Kota Padang Arfian.

Dia menambahkan bahwa keberadaan RUBI dan perhelatan pameran bonsai bertajuk “Padang Bonsai Rancak Bana” ini untuk mewadahi para pencinta bonsai yang didominasi kaum muda atau milenial.

“Sekarang banyak sekali masyarakat dan kawula muda menggandrungi tanaman bonsai ini. Atas dasar itulah, kita mencoba menyiapkan wadah bagi mereka untuk berkumpul dan saling berbagi informasi seputar tanaman bonsai,” tambah Arfian.

Arfian yang juga menjabat Pj Sekko Padang mengatakan, pameran bonsai ini akan jadi agenda tahunan di Kota Bingkuang.

“Tidak hanya pameran. Tahun depan RUBI Padang akan menggelar kontes bonsai yang juga diikuti komunitas bosai dari berbagai daerah luar Sumbar,” tukasnya.

Ketua RUBI Padang Edison dan Ketua Pelaksana Pameran Bonsai Padang Rancak Bana Didit yakin pameran tersebut akan berlangsung sukses. Pasalnya, aktivitas pameran selama pandemi ini sangat minim dan masyarakat sangat berharap ada bursa tanaman hias.

“Tidak hanya pameran. Selama acara berlangsung sepekan tersebut, juga ada bursa atau penjualan sejumlah tanaman hias. Bagi masyarakat yang ingin bergabung dan menambah koleksi tanaman hias nya, datang saja ke pelataran Pantai Puruih Padang,” tegas Didit.

Bonsai-bonsai menarik akan ditawarkan selama pameran. Ada yang dijual dengan harga terjangkau, kisaran Rp350 ribu per pohon hingga di atas Rp100 juta.

“Ratusan pohon bonsai kami pamerkan di sini. Karena waktu pameran terbatas, maka warga yang ingin membeli atau sekadar menyaksikan keindahan bonsai yang dirawat penuh ketelatenan ini, segera berkunjung ke Pantai Puruih dari tanggal 6-14 november,” imbau Edison.(rel)