Album Swift Terlaris di 2020, Satu-satunya yang Terjual 1 Juta Kopi

Taylor Swift. (net)

Di Amerika Serikat, Folklore adalah album nomor satu saat ini. Mengutip MRC Data, yang menyuplai data untuk chart Billboard, album kedelapan Taylor Swift itu mencatatkan penjualan tertinggi sepanjang 2020. Evermore, album kejutan yang dirilis akhir tahun lalu, juga berhasil masuk jajaran 10 besar album dengan penjualan terbaik.

Sejak dirilis pada Juli 2020, Folklore memecahkan beragam rekor. Album tersebut hanya butuh waktu sebulan untuk meraih penjualan fisik 1 juta kopi. MRC Data mencatat, album yang juga diproduseri Joe Alwyn itu merupakan satu-satunya album rilisan 2020 yang berhasil mencapai angka penjualan 1 juta.

Catatan tersebut membuat Swift total lima kali tercatat sebagai musisi dengan penjualan album terbaik. Pemilik sepuluh piala Grammy itu menjadi musisi pertama yang paling banyak meraih rekor tersebut sejak 1992.

Penjualan secara digital juga berada di angka yang bagus. Naiknya angka penjualan itu tidak terlepas dari pandemi. Data Billboard mengungkapkan, sejak Maret 2020, angka streaming naik stabil. Kenaikannya mencapai 11,6 persen jika dibandingkan dengan 2019.

Dalam wawancara dengan Entertainment Weekly, Swift menceritakan, penggarapan Folklore tak terlepas dari pandemi. Memasuki masa karantina mandiri, dia kerap menonton film. “Menyerap cerita-cerita orang lain membuka portal di imajinasiku dan membuatku berpikir, kenapa aku nggak pernah membuat karakter-karakter dan alur cerita yang saling berpotongan?” ungkapnya.

Baca Juga:  Berdamai dengan Patah Hati

Musisi 31 tahun itu menceritakan, proses pengerjaan album Folklore bak proyek do-it-yourself. Bahkan, tata rias dan rambut untuk cover album dikerjakannya sendiri. Kostumnya, gaun yang dibeli sendiri. “Itu adalah pengalaman yang biasanya kualami bersama 100 orang di set. Sekarang tinggal fotografer dan aku,” lanjut Swift.

Folklore menjadi kado Swift buat Swifties, sebutan fansnya, dalam melalui masa yang serba tak pasti. Dia merasa, saat ini banyak orang yang bingung, cemas, terguncang, sekaligus butuh sesuatu yang menghibur. Lewat musiknya, Swift berharap bisa memberikan sedikit rasa nyaman dan lega.

”Seperti mencoba memeluk fansku lewat speaker. Itulah tujuanku sebenarnya. Memeluk mereka, meski tak bisa melakukannya,” imbuhnya. Alhasil, Folklore menjadi album yang tak hanya diapresiasi fans. Album itu berhasil masuk 5 nominasi Grammy Awards 2021 dan 4 nominasi di American Music Awards. (fam/c18/ayi/jpg)