GoPay Arena Championship Pertemukan Gamers Amatir dan Pro Player Seluruh Indonesia

Konferensi pers GoPay Arena Championship melalui aplikasi Zoom,. (Foto: IST)

Kabar gembira bagi para gamers di seluruh Indonesia. Seluruh gamers baik amatir dan pro player akan beradu kemampuan di ajang GoPay Arena Championship yakni Festival Online Mobile Esport Tournament Terbesar di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung di gelaran yang pertama kali ditabuh oleh GoPay ini disediakan hadiah sebesar Rp 1 miliar ditambah puluhan juta saldo GoPay.

GoPay Arena Championship dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Menpora, Zainudin Amali, secara virtual saat acara konferensi pers GoPay Arena Championship melalui aplikasi Zoom, Senin (15/6/2020).

Menpora mengapresiasi langkah GoPay yang telah menyelenggarakan turnamen para gamers terbesar di Indonesia ini.

Pemerintah katanya, sangat mensupport semua hal positif yang dilakukan oleh masyarakat. “Kini dalam kondisi pandemi Covid-19. Beberapa bulan ke belakang kita masih work from home (WFH). Satu-satunya olahraga yang bisa kita lakukan adalah eSport atau bermain games. Karena bermain game ini tidak harus bertemu tapi bisa dilakukan secara online. Physical distancing-nya pun terjaga,” ungkap Zainudin Amali.

Ia mengakui jika perkembangan eSport di dunia sangat luar biasa tidak ketinggalan di Indonesia. Peminatnya terus bertambah, mulai dari yang baru atau amatir hingga yang sudah profesional atau pro player. Pemerintah secara nyata mendukung kegiatan ini.

“Pemerintah memberikan apresiasi terhadap semua yang berkecimpung di bidang eSport ini,” tandas Menpora.

Ia juga menyambut baik kegiatan turnamen para gamers yang diadakan oleh GoPay tersebut.

Namun ia berharap iven seperti ini terus dikembangkan. GoPay setidaknya dapat berkreasi memilih tema-tema games yang sesuai dengan konten lokal atau tema-tema games yang sesuai dengan kearifan lokal.

“Kita berharap kegiatan ini dapat dikreasikan dengan eSport yang bermuatan lokal sesuai dengan kearifan lokal kita,” ujarnya.

Ia juga tak lupa mengajak semua pihak untuk tetap mendukung protokol kesehatan. Memakai masker, dan menjaga jarak,” pungkasnya.

CEO GoPay, Aldi Haryopratomo, mengatakan, sejak 2018 GoPay sudah konsen di eSport dan mendukung eSport. Bagaimana GoPay berupaya terus mendukung perkembangan eSport di Indonesia ke arah yang lebih positif.

“Ini sejalan dengan misi Kemenpora untuk memajukan eSport di Indonesia. Saya bangga industri eSport di Indonesia sudah sangat jauh berkembang. Bisa saja nanti di masa depan kita bisa jadi juara dunia eSport,” ungkapnya.

Dia menegaskan, ini merupakan pertama kalinya GoPay menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan festival eSport. “Semoga ini menjadi awal dari iven-iven lainnya dan semakin berkembangnnya industri eSport di Indonesia,” harapnya.

Sementara, SVP Marketing GoPay, Timothius Martin, menyebut, GoPay Arena Championship 2020 didukung oleh tiga game publisher ternama, yakni Garena, Moonton dan Tencent Games. Dan mempertandingkan tiga games terpopuler yakni Mobile Legends, PUBG dan Free Fire.

“Yang menariknya di sini, kita mempertemukan gamers amatir dan pro player. Ini pertama kalinya di dalam satu turnamen, tiga games kompetitif, dan mempertemukan gamers amatir dan pro player,” jelasnya.

Ia menyebut, selain mengadakan turnamen, juga diadakan festival. Dimana tak hanya gamers yang sibuk dengan aksinya, tapi juga disibukkan oleh viewers yang bisa mendapatkan peluang memenangkan hadiah-hadiah menarik dari GoPay.

GoPay Arena Championship akan berlangsung selama satu bulan yang dimulai dari 16 Juni-26 Juli 2020.

Pendaftaran dibuka dari tanggal 16-29 Juni 2020 di website gopayarena.id. Babak kualifikasi rencananya akan digelar 27 Juni-19 Juli 2020.

Jadi Lifestyle
Bermain games online di era saat ini sudah menjadi kebutuhan bahkan lifestyle terutama di kalangan anak muda. Melalui games online mereka tidak saja bisa melepas penat dan lelah tapi juga bisa bersosialiasi dengan para gamers lain melalui mabar atau main bareng.

“Trend games (mabar) gaming itu sudah jadi lifestyle. Itu sesuatu yang positif,” ujar Agung Chaniago dari PUBG.

Aswin Atonie dari Mobile Legends, mengapresiasi gebrakan yang dilakukan GoPay karena menurutnya ini merupakan terobosan baru sejarah games di Indonesia.

Senada, Wijaya Nugroho dari Free Fire, menyebut, trend bermain games sangat luar biasa. ESport di Indonesia katanya juga semakin maju dan bisa mengalahkan negara lain.

Pevita Pearce-Gaming & Entertainment Ambassador GoPay
Pevita Pearce juga menegaskan, turnamen games ini sangat menarik karena menyatukan tiga games besar di Indonesia di dalam satu turnamen. (bis)