Menyediakan Makanan Buka Puasa Buat Korban Korona

Aqua Dwipayana
Pakar Komunikasi/ Motivator Nasional

Kebaikan terus berlanjut. Sesaat setelah tulisan berjudul “Saat Corona Jangan Ada Tetangga yang Kelaparan” Rabu pagi (29/4/2020) saya kirimkan ke ribuan anggota Komunitas Komunikasi Jari Tangan, ada yang langsung merespons positif.

Menanyakan jumlah korban pandemi korona di RT 06 RW VII, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Tidak sekadar bertanya, tapi ada maksudnya. Ternyata mau membantu menyediakan makanan buka puasa mereka selama Ramadhan. Masya Allah…

Karena tidak tahu data jumlah orangnya, saya langsung kontak Ketua RT 06 Medi Sasmedi untuk menanyakan hal tersebut. Alhamdulillah Medi langsung merespons dengan cepat dan positif sekali.

Hanya hitungan menit, Medi sudah mengirimkan rincian datanya. Semua delapan orang termasuk dua satpam.

Sesuai amanah yang diberikan, saya minta tolong ke Medi mencarikan info harga satu porsi nasi kotak terbaik, termasuk lauk-pauknya. Makanan pembuka berupa takjil, dan minuman jus. Saya sarankan agar memesannya di rumah makan di kompleks Perumahan Cimanggu Permai agar membantu usaha tersebut.

“Pak Medi saran saya pesannya di rumah makan dekat kompleks perumahan kita. Mohon tiap sore tempat kita memesan nasi kotak tersebut bisa mengantarkannya ke Pos Satpam dan tiga rumah penerima makanan itu,” ujar saya.

Medi yang selama jadi Ketua RT sangat berdedikasi tinggi ke seluruh warga, bergerak cepat. Melaksanakan semua saran saya.

“Assalamualaikum wr wb Alhamdullilah sudah saya laksanakan Pak Aqua. Telah saya pesankan delapan nasi kotak untuk setiap buka puasa. Setiap sore langsung dikirim ke ybs. Saya pesan dari rumah makan Dapur Solo, yang sejajar dengan rumah Bapak menuju Mall Yogya Plaza,” ujar Medi.

Tidak lama kemudian uang buat pesanan dua minggu ditransferkan ke Medi. Saat mendekati hari ke-14, uang untuk membeli nasi kotaknya akan ditransfer lagi.

Pemberian Hamba Allah, Memakannya dengan Lahap dan Penuh Syukur
Saya sampaikan bahwa orang yang memberi nasi kotak itu tidak berkenan namanya disebutkan. Jadi sebut saja hamba Allah.

Medi menginfokan telah menyampaikan ke para penerima nasi kotak itu bahwa mulai sore ini (29/4/2020) selama bulan Ramadhan, mereka mendapatkan makanan untuk berbuka puasa dari hamba Allah. Sehingga tidak perlu memasak. Ibadahnya dapat lebih fokus dan khusyuk.

“Pak Aqua, saya sudah sampaikan ke mereka tentang pemberian makanan nasi kotak selama bulan Ramadhan. Mereka senang sekali dan sangat berterima kasih,” tambah Medi.

Saya membayangkan betapa senangnya mereka saat menikmati semua makanan untuk berbuka puasa itu. Memakannya dengan lahap dan penuh rasa syukur.

Keutamaan dan Manfaat Buat Orang Memberi Makanan Buka Puasa
Selain mereka, yang lebih senang dan sangat bersyukur itu adalah hamba Allah yang menyediakan semua makanan tersebut. Bahagia sekali karena bisa membantu para korban korona.

Seperti dikutip liputan6.com, banyak keutamaan dan manfaat buat orang memberi makanan buka puasa. Di antaranya adalah akan mendapat pahala yang setara dengan orang yang berpuasa.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bersabda:

“Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi No. 80, Ibnu Majah No.1764, dan Ahmad 5:192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Semoga semua kebaikan itu bernilai ibadah dan memberikan kegembiraan kepada para corona tersebut selama Ramadhan. Aamiin ya robbal aalamiin…

Juga agar mereka tahu bahwa di tengah musibah dan cobaan yang sedang menimpa mereka, ada hamba Allah yang memiliki kepedulian tinggi pada mereka. Alhamdulillah…

Dari Bogor menjelang berbuka puasa saya ucapkan selamat berlomba-lomba membantu dan membahagiakan sesama di bulan Ramadhan ini. Salam hormat buat keluarga.(*)