Giliran Raize dan Rocky jadi Andalan

7
CEO Asia Region Toyota Motor Corporation, Yoichi Miyazaki, President Daihatsu Motor Co., Ltd, Soichiro Okudaira, dan Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Djony Bunarto Tjondro, saat konferensi pers secara virtual memperkenalkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Rabu (28/4). (IST)

Toyota dan Daihatsu resmi mengumumkan kolaborasi baru. Setelah Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla dan Calya-Sigra, kedua perusahaan otomotif asal Jepang ini, memperkenalkan produk kolaborasi barunya, yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Jalinan kerja sama Toyota dan Daihatsu di Indonesia, sudah berlangsung sejak 2003. Tepatnya, ketika mereka pertama kali meluncurkan Avanza-Xenia. Kini, kolaborasi Toyota dan Daihatsu semakin luas dengan hadirnya Raize dan Rocky.

“Toyota dan Daihatsu mengawali kerja sama dengan memaksimalkan kekuatan dari kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup untuk masyarakat Indonesia. Dengan menginvestasikan teknologi dan mempromosikan konten lokal, kedua perusahaan akan melanjutkan untuk meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah untuk mengembangkan industri otomotif,” kata CEO Asia Region Toyota Motor Corporation, Yoichi Miyazaki, saat konferensi pers secara virtual yang ditayangkan langsung melalui kanal YouTube Toyota Indonesia dan Daihatsu Sahabatku, Rabu (28/4).

Yoichi Miyazaki mengatakan, baik Toyota Group, Daihatsu ataupun Astra, sangat bersemangat untuk memperkenalkan produk terbarunya tahun ini. Terlebih hasil kolaborasi mereka, yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Ia yakin, desain yang sporty dan stylish kedua mobil tersebut, akan menjadi pilihan yang tepat untuk pelanggan Indonesia di segmen yang sedang berkembang, yaitu SUV.

“Tidak hanya menyediakan produk–produk untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, Toyota dan Daihatsu juga menjadi kontributor terbesar untuk ekspor kendaraan roda empat di Indonesia. Saat ini, kontribusinya lebih dari 60 persen. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Grup Toyota juga akan mengekspor produk kolaborasi terbaru ini ke sekitar 50 negara di dunia,” papar Miyazaki.

Sedangkan President Daihatsu Motor Co., Ltd. Soichiro Okudaira, menjelaskan bahwa Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang merupakan produk kolaborasi terbaru antara Daihatsu dan Toyota. Kedua mobil ini diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor.

Berdasarkan kesepakatannya, mobil ini bakal tersedia di showroom mulai 30 April 2021.
“Ini adalah model kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu. Kami menggunakan pusat R&D PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia untuk membuat kendaraan ini paling sesuai dengan masyarakat Indonesia. Kami juga mengevaluasi fitur keamanan prefentif terbaru dari Dahatsu Rocky yang diperkenalkan di Indonesia dengan harga yang terjangkau,” sebut Okudaira dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga:  Lewat 'Jaga Mata Jaga Hati', Resso Orbitkan Artis Cover Mitty Zasia 

Katanya, Daihatsu bekerja sama dengan Toyota dalam membangun lini bisnis yang kompetitif untuk segmen kendaraan kompak bagi Toyota Group. Termasuk di dalamnya pengembangan dan produksi kendaraan. “Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kami. Oleh karena itu, kami akan terus berinvestasi dan berkontribusi bagi masyarakat Indonesia,” imbuh Okudaira.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Djony Bunarto Tjondro, menjelaskan bahwa Astra sebagai mitra jangka panjang Toyota dan Daihatsu, senantiasa mendukung penuh kolaborasi tersebut sejak awal. Sehingga, mereka dapat menghadirkan mobilitas yang sesuai bagi masyarakat Indonesia.

“Kami bangga telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia, selaras dengan cita-cita Astra. Yakni Sejahtera Bersama Bangsa. Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia, sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu,” kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro.

Untuk mendukung pengembangan produk kolaborasinya kali ini, lanjut Djony, Daihatsu telah memiliki research & development center yang berlokasi di Karawang. Menurutnya, Toyota, Daihatsu dan Astra yang telah berkolaborasi selama hampir dua dekade, akan semakin diperkuat dengan peluncuran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

“Avanza-Xenia di tahun 2004, diikuti Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla, serta Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra. Kami berharap produk ini memberikan semakin banyak pilihan bagi masyarakat Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas,” harap Djony.

Bagi Toyota Astra Motor, kemunculan Toyota Raize ini akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV, sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company. Jadi, tidak hanya akan didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang, tapi juga layanan yang variatif menyesuaikan tren dan kebutuhan yang berkembang.

Sama halnya dengan Astra Daihatsu Motor yang berkomitmen untuk memastikan Daihatsu Rocky sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui pemanfaatan fasilitas R&D Center PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia. (jpg)

Previous articlePadang Kembali Zona Orange
Next articlePresiden Minta Kada Terus Pantau Perkembangan Kasus Covid-19