Gempa Dirasakan di Bukittinggi, BMKG: Aktivitas Sesar Sianok

Informasi pusat gempa. (IST)

Gempa tektonik bermagnitudo 3,3 SR mengguncang wilayah Bukittinggi dan sekitarnya, sekitar pukul 14.18, Selasa (24/11/2020). Namun, guncangan gempa yang berpusat pada koordinat 0,29 LS dan 100,36 BT, atau tepatnya di darat pada jarak 1 km barat laut Bukittinggi itu hanya dirasakan sebagian warga.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Silaing Bawah Padangpnjang Irwan Slamet menyebutkan gempa yang berada pada kedalaman 10 km itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sianok.

“Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bukittinggi I-II MMI. Artinya, getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Irwan.

Dia menambahkan bahwa hingga pukul 14.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Kepada masyarakat, Irwan mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ingatnya.(wrd)

Previous articleDitinggal Prof Herri, LLDikti Wilayah X Dipimpin Plt Yandri
Next articlePadukan Nuansa Islami, Kesenian dan Kebudayaan