Gerakan Non-Blok Tingkatkan Capacity Building

KUNJUNGAN: Wali Kota Pariaman Genius Umar menerima kunjungan Sekretaris Gerakan Non-Blok, Diar Nurbintoro. (Diskominfo Pariaman)

Wali Kota Pariaman Genius Umar menerima kunjungan silaturrahmi Sekretaris Eksekutif Non-Aligned Movement atau yang sering disebut Gerakan Non-Blok, Diar Nurbintoro, yang juga mantan Duta Besar Indonesia untuk Rumania dan Moldova beserta tim dari Non-Aligned Movement.

Genius Umar didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono. Diar Nurbintoro mengulas, Gerakan Non-Blok bertujuan mengupayakan hak untuk menentukan nasib sendiri, kemerdekaan nasional, kedaulatan, dan integritas negara anggota. Selain itu Gerakan Non-Blok juga menentang apartheid, dan tidak memihak pakta militer manapun.

Tujuan kunjungannya ke Kota Pariaman, selain untuk mengunjungi wisatanya, juga melihat bagaimana cara kita melalui Gerakan Non-Blok bisa mendukung upaya peningkatan capacity building yakni pembangunan keterampilan/skill dan kemampuan (capabilities). Seperti kepemimpinan, manajemen, keuangan dan pencarian dana, program dan evaluasi, supaya pembangunan organisasi efektif dan berkelanjutan.

”Jadi tak hanya bidang kepariwisataan, namun banyak lagi bidang-bidang pengembangan lain yang nantinya bisa kita bantu untuk Kota Pariaman. Karena dari negara-negara itu sendiri ada yang punya keahlian dari beberapa bidang, dan inilah yang kita siapkan untuk membantu Kota Pariaman,” ujar Diar Nurbintoro.

Baca Juga:  Nama Wapres bakal Dijadikan Nama Pantai

Khusus kawasan wisata di Kota Pariaman, ia mengatakan setelah dua hari berkeliling di Kota Pariaman, ia harapkan baik para pengunjung ataupun wisatawan untuk lebih mengutamakan lagi untuk menjaga kebersihan dan penerapan protokol Covid-19.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar sampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan silaturrahim ini. Ia berharap dengan pertemuan ini ada hal berkelanjutan dalam peningkatan capacity building bagi Kota Pariaman ke arah yang lebih baik lagi.

”Sehingga, nantinya kami harapkan terjadinya peningkatan sumber daya manusia kita yang lebih andal, khususnya yang terlibat langsung dengan pengelolaan pariwisata,” ungkap Genius.

Namun sebut Genius, yang lebih penting tentang bagaimana cara melakukan promosi, marketing, supaya lebih tertata dengan baik. Sehingga mampu meningkatkan ekonomi kemasyarakatan bagi masyarakat Kota Pariaman. (nia)

Previous articlePenanggulangan Kawasan Kumuh Prioritas
Next articleGuru Sumbar Hadiri Peluncuran Kumpulan Pantun Nasihat 1000 Guru ASEAN