Ginting Jaga Fokus untuk All England, Tidak Boleh Terlalu Berambisi

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya. (net)

Ganda putra nomor satu dunia andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, siap merebut gelar juara ketiganya pada turnamen All England 2021. Di babak pertama, pasangan pemilik dua gelar All England ini akan menghadapi Jones Rafly Jansen/Peter Kaesbauer asal Jerman. Ini merupakan pertemuan pertama antar keduanya.

“Secara peluang ramailah. Jadi kami akan mencoba melakukan yang terbaik. Ingin juara pasti, tapi satu-satulah melihatnya. Tidak boleh terlalu berambisi,” tutur Marcus dilansir laman resmi PBSI.

All England 2021 dihelat di Utilita Arena Birmingham pada 17-21 Maret mendatang. Menggunakan sistem gelembung dan tanpa penonton akan menjadi atmosfer berbeda bagi Marcus/Kevin yang belum pernah merasakan sebelumnya.

“Atmosfer pertandingan pasti berbeda, belum lagi tidak ada penonton. Semuanya pasti terasa berbeda buat kami, tapi semoga itu tidak memengaruhi performa di lapangan,” ungkap Kevin.

Satu tahun tidak bertanding ditambah jarangnya turnamen digelar imbas dari pandemi Covid-19, membuat Marcus/Kevin harus kembali meraba persaingan di ganda putra. Mereka mengaku akan banyak perubahan dari lawan-lawannya. “Lawan-lawan kami pasti ada dan banyak perubahan, tapi apapun itu kami harus siap terus,” ucap Kevin.

“Kami waspadai semua lawan ya karena sudah lama tidak bertemu dan mereka pasti ada perkembangan. Nah sulitnya kami belum bisa mengukur seperti apa perkembangannya karena biasanya setiap bulan pasti main dan ada evaluasinya. Kalau sekarang kan tidak tahu. Kami fokus mau lihat dari babak pertama dulu,” sambung Marcus.

Baca Juga:  Didukung Banyak Pihak, Rabani Sport Centre Diresmikan Gubernur Sumbar

Tim bulu tangkis Indonesia sendiri telah mendarat di Birmingham, Inggris, Sabtu (13/3) siang waktu setempat. Tim Indonesia berkekuatan tujuh wakil. Tunggal putra nonpelatnas Tommy Sugiarto belakangan mundur karena alasan pribadi.

Kepala Bidang PP PBSI Rionny Mainaky menyatakan tim saat ini berada dalam kondisi sehat. Para pemain tetap optimistis untuk mengukir prestasi terbaik. “Untuk latihan, kami baru mendapat jadwal latihan hari Senin nanti,” katanya.

Sementara itu, wakil tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting mengaku ingin langsung menjaga fokus untuk pertandingan. “Sejauh ini persiapannya sudah berjalan lancar. Kondisi saya juga sehat. Jadi sekarang tinggal jaga fokus, jaga semangat, dan daya juang di pertandingannya,” ujar Ginting.

“Di kondisi new normal seperti ini memang semua itu harus saya tingkatkan kerena banyak hal yang berubah. Seperti tidak ada suporter dan lain-lain. Itu cukup berpengaruh,” tambah atlet kelahiran Cimahi, Jawa Barat, 20 Oktober 1996 itu.

Ginting yang saat ini berperingkat lima dunia mengatakan dirinya sempat dihinggapi kekhawatiran jelang berlaga di All England kali ini. “Tapi itu semua harus dilewati dan dilawan dari diri sendiri, karena sebagai atlet profesional tidak boleh ada alasan apapun. Jadi nanti saya mau coba menunjukkan yang terbaik dari satu pertandingan ke pertandingan lain,” tutur Ginting. (ipl/jpg)

Previous articleJembatan Simpangsugiran Hanyut, Dua Warga Terseret Arus
Next articlePenerapan E-Tilang Diundur