Memaknai Pesantren Ramadhan, Tunjukan Karya dan Prestasi Untuk Negeri

9
PEMBINAAN KARAKTER: Pembukaan kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H di SMKN 6 Padang.

Sangat menarik, begitu banyak prestasi dan karya dari SMK Negeri 6 Padang. Begitu kesan yang tercipta ketika kita berada di salah satu sekolah tertua di kota Padang ini, telah berdiri semenjak 5 Juli 1952.

Bertempat di pusat kota, tepatnya jalan Suliki No. 1 Padang, berdiri dengan rapi gedung dan Edotelminangkabau sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan tahun 2021. Di bawah pimpinan kepala sekolah terbaik dan berprestasi Sumatera Barat, ibu Dra. Sri Wirdani, M.Pd menjawab tantangan kementrian untuk SMK Pusat Keunggulan.

Apresiasi untuk prestasi dan karya SMK Negeri 6 Padang dimuat di laman kabarpendidikansumbar, edisi 11 April 2022. Pada kesempatan yang baik, pada bulan yang penuh berkah ibu Hj. Harneli Bahar (UMI) / Istri Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Barat menghadiri Pesantren Ramadhan 1443 H di SMKN 6 Padang.

Umi Memberikan materi tentang Pembentukan Karakter Generasi Milineal di Era Globalisai dalam etika dan moral lingkungan Sekolah daa lingkung Keluarga. Kegiatan ini juga dihadiri dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera yakni Kabid GTK dan Kabid PSMK berserta Tim. Kegiatan berlangsung dengan antusias di ruang meeting 3 Edoteminangkabau, Senin (11/4)

Begitu banyak cerita dan pengalaman hidup yang beliau paparkan kepada siswa–siswi SMK Negeri 6 Padang. Berharap dapat menjadi motivasi untuk meraih prestasi/masa depan.

Dalam kesempatan tersebut beliau menegaskan, pilihan masuk SMK merupakan pilihan yang sangat tepat dan membanggakan karena di SMK siswa tidak hanya belajar ilmu pengetahuan tetapi dilatih juga keterampilan (soft skill) sekaligus kemandirian (entrepreneur) yang memudahkan hidup dimasa depan. Secara lugas beliau menyampaikan motivasi

“Siapapun kita, Insya Allah akan menjadi orang hebat, dalam keterbatasan dengan semangat dan kerja keras menjadi kunci untuk sukses meraih cita-cita dan prestasi,” tegas Umi.

Pada kesempatan yang sama Ibu Harneli Bahar menyerahkan piagam penghargaan dan medali kepada Kepala Sekolah berprestasi Literasi TK Nasional Ibu Sri Wirdani, M.Pd dan Koordinator berprestasi Literasi Nasional ibuk Eka Teresia SPd.MM yang telah mendapatkan Rekor Muri sebagai kontributor penulisan buku Fiksi dan non Fiksi program Nyalanesia.

Selamat dan sukses untuk SMKN 6 Padang, ini merupakan kebanggaan kita warga Sumbar. Teruslah berkarya dan berbuat lebih banyak lagi. jadilah seperti batang ubi kayu, kemanapun dibuang akan tumbuh berkembang.

Ibu Harneli Bahar juga memberikan apresiasi kepada siswa-siswi SMKN 6 yang dipandang mempunyai bakat dan talenta yang luar biasa terutama di bidang seni. “Salawat dan Nasyid yang disenandungkan oleh team rohis SMKN 6 ini sangat merdu dan menenangkan hati,” tutur ibu Harneli Bahar.

Di akhir kegiatan ibu Harneli Bahar juga mengunjungi Tefa Busana dan melihat hasil karya terbaik siswa- siswi SMKN 6 yang telah tampil di Pameran Nasional.

“Alhamdulillah hasil karya anak kita sudah rapi layaknya desainer yang ada di butik, sehingga dapat dipasarkan dengan baik. Beliau juga berharap agar terus berinovasi dan berkreasi dengan menambahkan sentuhan keindahan seperti sulaman atau bordiran berkerja sama dengan pengrajin yang memiliki ciri khas Sumatera Barat,” ungkap beliau di akhir kegiatan. (***)