Hijaukan Embung Panyubarangan, Pariyanto: Jadilah Politisi Hijau

Ulang tahun Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke-17 tingkat Kabupaten Dharmasraya diisi dengan kegiatan penghijauan di Embung Nagari Panyubarangan, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya.

Tim Terpadu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dharmasraya sebagai penyedia bibit. Sedangkan Tagana sebagai pelaksana penanaman bibit pohon mahoni dan trembesi sebanyak 200 batang yang ditanam di sekitar Embung Nagari Panyubarangan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Kabid Rehab Dinsos Dharmasraya, Perjamsos, Camat Timpeh, TKSK Timpeh, Wali Nagari bersama perangkat serta PKK Nagari Panyubarangan.

Selain untuk memperindah lokasi namun tujuan utamanya adalah penghijauan di sekitar embung.

Pada kesempatan itu, Pariyanto menyampaikan, sebagai manusia yang beriman dan memiliki rasa kasih sayang terhadap lingkungan harus menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana yang bisa merugikan masyarakat.

“Maka dari itu menanam pohon atau penghijauan merupakan langkah nyata sebagai aplikasi dari cinta lingkungan. Sebagai politisi harus menjadi politisi hijau artinya politisi yang cinta dengan lingkungannya,” kader PDI-Perjuangan ini.

Sementara itu, Wali Nagari Panyubarangan, Suwanto, mengucapkan terima kasih kepada Tagana Kabupaten Dharmasraya atas kegiatan penanaman pohon ini.

Baca Juga:  Komisi I Siap Perjuangkan Anggaran untuk Sekolah di Dharmasraya

Ia menilai sangat bermanfaat untuk keberlangsungan Embung Nagari Panyubarangan ini.

Suwanto berharap, dengan adanya pohon ini bisa menjadi tempat berlindung nantinya bagi para pengunjung Embung. Selain itu 10 tahun kemudian kayu yang ditanam hari ini akan menghasilkan kayu yang berkualitas.

Untuk ke depannya Embung ini akan dijadikan objek wisata yang ramah lingkungan yang menghasilkan dan bermanfaat bagi masyarakat Nagari Panyubarangan.

Dwi Andayani, Kabid yang membidangi Tagana mengungkapkan, kegiatan ini adalah kegiatan dalam rangka ulang tahun Tagana indonesia. “Kita berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadikan Tagana Lebih baik lagi ke depannya dan bisa bersinergi membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana dan pencegahan bencana,” kata Dwi Andayani. (ita)

Previous articleBenahi Dulu Sinkronisasi Data antar-Lembaga/ Kementerian
Next articleDukung Mendag-BKPM soal HPM, Andre Rosiade: Surveyor Harus Kompeten