Kabel Traffic Light Simpang Sawahan Dicuri

Suasana arus lalu lintas di Simpang Sawahan, kemarin (4/8) yang terganggu akibat tidak berfungsinya lampu lalu lintas. (IST)

Pencurian kabel lampu lalu lintas (traffic light) kembali terjadi di Kota Padang. Setelah di Simpang Presiden Jalan Khatib Sulaiman, kini kabel lampu lalu lintas di pertigaan Simpang Sawahan Jalan H Agus Salim jadi sasaran pencuri.

Pantauan Padang Ekspres kemarin (4/8), lampu lalu lintas tidak berfungsi setelah kabelnya dicuri. Kondisi ini membuat arus lalu lintas di persimpangan tersebut menjadi terganggu dan membahayakan pengguna jalan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang Dian Fakri membenarkan pencurian kabel lampu lalu lintas di pertigaan Simpang Sawahan tersebut. Dia mengatakan, pencurian kabel itu baru diketahui setelah pihaknya melakukan pengecekan di lapangan, Senin (3/8).

“Setelah kabel lampu lalu lintas di Simpang Presiden dicuri maling beberapa waktu lalu, kemarin (Senin, red) lampu lalu lintas di Simpang Sawahan yang digergaji dan dicuri. Sekitar tujuh kabel masing-masing sepanjang 10 meter lenyap,” katanya.

Dian mengungkapkan, pencurian kabel lampu lalu lintas ini telah dilaporkannya kepada pihak kepolisian. Dia berharap para pelaku segera ditangkap untuk diproses secara hukum.
“Kami mengimbau masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengintaian terhadap aksi pencurian kabel lampu lalu lintas ini. Apabila melihat orang mencurigakan pada malam hari di persimpangan, mohon melaporkan hal tersebut,” ajaknya.

Baca Juga:  Terapkan Manajemen Antisuap, PT KAI Raih ISO 37001:2016  

Dia mengakui, upaya pemasang CCTV di persimpangan tidak menjadi solusi untuk mengintai pelaku. Sebab, para pelaku cukup lihai dengan melakukan pemutusan kabel CCTV sebelum beraksi.

“Jadi CCTV ini teori aja. Seperti di persimpangan Lamun Ombak, pelaku memutus kabel CCTV dulu, baru mencuri kabel lampu lalu lintas. Kami meminta semua pihak berperan untuk mengawasi pelaku aksi kejahatan ini,” ujarnya.

Dian juga mengimbau masyarakat agar berhati-hati ketika melewati Simpang Sawahan yang lampu lalu lintasnya mati tersebut. “Saat ini kami sedang berusaha menghidupkan kembali lampu lalu lintas itu,” tukasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengaku belum mendapat informasi adanya pencurian kabel lampu lalu lintas di pertigaan Simpang Sawahan Jalan H Agus Salim.

“Saya belum mendapatkan laporan dari pihak Dishub Kota Padang. Kalau memang adanya pencurian tersebut langsung laporkan kepada kami, kami siap melakukan penyelidikan akan kasus ini. Silakan laporkan, Polresta Padang siap 24 Jam,” ujarnya. (i/err)