Penemuan Bayi dalam Kardus Bikin Geger

18
Ilustrasi. (Foto: IST)

Warga Kelurahan Pakanlabuah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Kota Bukittinggi dikejutkan dengan penemuan bayi dalam kardus. Bayi berjenis kelamin perempuan itu dijumpai pengguna jalan di kawasan Penurunan Tambuo, Minggu (7/6) siang.

Informasi yang dihimpun, bayi mungil tersebut ditemukan pertama kali oleh Hermanto, 23, seorang pedagang asal Ampanggadang, Kecamatan IV Angkek, Agam. Dia mendengar tangisan sang bayi dalam sebuah kardus Indomie di pinggir jalan.

Kanit Binmas Polsek Kota Bukittinggi, Iptu Rosminarti membenarkan peristiwa itu. Bayi perempuan yang ditemukan panjangnya lebih kurang 48 cm dengan berat badan 2,7 kilogram. Saat ini telah dibawa ke Rumah Sakit Yarsi Kota Bukittinggi untuk diberi perawatan.

”Bayinya sudah ditangani dengan baik oleh warga yang menemukan bersama masyarakat Kelurahan Pakanlabuah. Dia telah dibawa ke rumah sakit untuk diberi perawatan medis,” ujar mantan KBO Reserse Narkoba Polres Bukittinggi itu.

Dijelaskannya, sang bayi ditemukan oleh seorang warga bernama Hermanto sepulang dari berjualan di Pasar Auakuniang, sekitar pukul 12.10. Kebetulan dia sedang melintas di jalan penurunan Tambuo Tabekgadang, Kelurahan Pakanlabuah, tempat bayi dibuang.

”Hermanto dan Danil familinya sempat membawa bayi itu ke Puskesmas terdekat. Namun karena puskesmas yang dituju tutup, akhirnya bayi tersebut dibawa ke rumah Ketua Pemuda Tigobaleh dan selanjutnya dibawa ke rumah Ketua RW IV, Kelurahan Pakanlabuah,” bebernya.

Oleh warga ini, bayi tersebut lantas dibawa ke rumah bidan MIS yang berada di Balaibanyak, Kelurahan Paritantang. Setelah dicek kesehatannya, kemudian bayi itu diserahkan ke Dinas Sosial Bukittinggi.

”Bayinya kita jemput dan kita bawa ke Rumah Sakit Yarsi Kota Bukittinggi untuk penanganan selanjutnya. Sekaligus, serah terima dari personel Polsek Bukittinggi kepada pihak Dinas Sosial Bukittinggi,” paparnya.

Belum diketahui kapan bayi itu dibuang ke jalan, dan orangtua mana yang tega membuang darah dagingnya sendiri. Petugas kepolisian, tambahnya, akan melakukan penyelidikan terkait asal-usul bayi perempuan tersebut.

”Kita tengah melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi, serta berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk mendata warga sekitar yang baru saja melahirkan,” tutupnya. (p)