Selundupan 1 Kg Sabu asal Aceh Digagalkan

Jajaran Polda Sumbar memperlihatkan barang bukti selundupan 1 kg sabu asal Aceh kepada wartawan di Mapolda Sumbar, kemarin. (IST)

Perang terhadap narkoba terus ditabuh. Baru-baru ini, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar menggagalkan penyelundupan 1 kg sabu asal Desa Manasah Timu, Kecamatan Pesangan, Kabupaten Bireuen, Aceh. Satu pelaku diamankan petugas.

Tersangka berinisial YS, 41, berprofesi sebagai sopir ini ditangkap di SPBU Jorong Parit Rantan, Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, pada 24 Juli.

Penangkapan itu berawal dari informasi yang disampaikan masyarakat akan ada transaksi sabu dalam jumlah besar. Mendapat informasi itu tim Ditresnarkoba Polda Sumbar langsung bergerak melakukan pengecekan.

Tersangka pembawa sabu 1 kg itu diinformasikan datang dari Aceh dibawa melewati Kota Pekanbaru menggunakan travel dan hendak diedarkan di Provinsi Jambi. “Pada saat tim patroli ke arah Teluk Kuantan batas Sumbar -Riau termonitor bahwa target menumpang dengan mobil travel Rimbo Bujang,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu dalam ekspose kasus di Mapolda Sumbar, kemarin (11/8).

Ia menambahkan Jumat (24/7) sekitar pukul 16.50, tim melakukan penangkapan terhadap tersangka di SPBU Jorong Parit Rantang, Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

Baca Juga:  Independensi KPK Dinilai Tergerus

“Saat digeledah petugas menemukan barang bukti satu paket besar narkotika jenis sabu yang dikemas plastik yang berada di dalam mobil. Tersangka dijerat Pasal 114 Ayat (2) subsider Pasal 112 Ayat (2) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” pungkas Satake. (cr10)