Setelah Diintai 8 Jam, Tiga Kurir 25 Kg Ganja Berhasil Diringkus

34

Personel Tim Sat Narkoba Polres Bukittinggi berhasil mencegat mobil dan mengamankan tiga orang kurir yang membawa 25 kg ganja asal Madina, Sumatera Utara, Senin (15/3/2021) dini hari.

Ketiga kurir tersebut ditangkap di Jalan Raya Medan-Bukittinggi Padang Hijau Jorong Pulai Gadut Ranggo Malai, Kenagarian Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam Sumbar, sekitar pukul 03.00.

Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara menjelaskan, penangkapan berawal dari informasi yang diterima Tim Opsnal Sat Narkoba bahwa akan ada transaksi narkoba dalam jumlah besar di sepanjang Jalan Medan-Bukittinggi.

Selanjutnya Tim Opsnal dipimpin Kasat Narkoba Polres Bukittinggi AKP Aleyxi Aubedillah mendatangi TKP dan mengatur strategi penangkapan dengan membagi anggota menjadi tiga tim.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh tim, didapat informasi bahwa target  menggunakan kendaraan roda empat dengan plat nomor mobil luar Sumbar.

Setelah melakukan penyisiran dan pengintaian selama 8 jam, tepat pukul 03.00 sasaran terlihat di TKP dan akan kembali berputar arah ke Medan.

Bertepatan dengan itu Tim Opsnal menggunakan mobil langsung mencegat kendaraan pelaku hingga tidak dapat bergerak.

“Ketiga pelaku membuka pintu mobilnya dan berupaya melarikan diri, namun dengan sigap petugas Opsnal berhasil meringkus ketiga pelaku tanpa perlawanan,” jelas Kapolres AKBP Dody Prawiranegara saat konferensi Pers di Aula Mapolres Bukittinggi, Senin (15/3/2021).

Baca Juga:  Diduga Dioplos jadi Pertalite, 4 Ton Minyak Tanah Diamankan

Setelah itu, tim melakukan pemeriksaan dan penggeledahan kendaraan hingga ditemukan  1 karung warna putih yang setelah diperiksa berisi 25 paket besar diduga narkoba jenis ganja,

“Dari interogasi awal terhadap tersangka, diduga ganja tersebut akan disebarluaskan di wilayah Kota Bukittinggi,” ucap Dody.

Ketiga pelaku berinisial I, 20, dan EHL, 23, warga, Jl. Mompang Kecamatan Penyabungan Kabupaten Madina, Sumatera Utara serta RN, 18, warga, Kelurahan Longat, Penyabungan Barat, Madina, Sumatera Utara.

Selain barang bukti 25 kg ganja yang dibungkus dengan lakban warna coklat, menurut Kapolres, pihaknya juga menyita sebilah isau, satu unit mobil Toyota Avanza silver BB 1757 XR yang digunakan pelaku mengangkut ganja tersebut.

Terhadap ketiga pelaku, kata Dody, dikenakan Pasal 114 ayat (2) dan Pasal 111 ayat (2) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 5 sampai 20 tahun penjara.(p)

Previous articleBernilai Ekonomi, PLN Dorong Optimalisasi Pemanfaatan FABA
Next articlePT BPR Samudera: Realisasi Kredit Tumbuh, Laba Bersih Meningkat