2 Orang Meninggal Dunia, Truk Boks Tabrak 6 Kendaraan di Panorama II

30
Petugas kepolisian mengevakuasi korban kecelakaan beruntun di kawasan Panorama II Sitinjaulauik, kemarin. (IST)

Diduga rem blong, 7 kendaraan bermotor terlibat kecelakaan beruntun di kawasan Panorama II Sitinjaulauik, Jalan Raya Padang-Solok, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubukkilangan (Luki), sekitar pukul 11.00 kemarin (15/4).

Akibat kecelakaan tersebut, 2 orang meninggal dunia dan 1 orang menderita luka-luka. Dua korban meninggal dunia tersebut masing-masing Yulia Mustika, 30 dan Radja Adnan Syavien, 3.

Pantauan Padang Ekspres, 7 kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan di antaranya satu unit truk boks bernomor polisi B 9312 TXU, minibus Mitsubishi Pajero Sport, mobil pikap L 300, mobil Kijang Krista, mobil Agya, Suzuki Ertiga dan satu unit sepeda motor bernomor polisi BA 4342 OK.

Di lokasi kejadian, 2 unit kendaraan yakni mobil pikap L 300 dan minibus Mitsubishi Pajero Sport terjun ke dalam jurang dengan kedalaman sekitar 10 sampai 20 meter lebih. Sementara satu unit minibus Kijang Krista rusak parah di bagian depan dan belakang.

Sementara itu, truk boks yang diduga mengalami rem blong tersebut, sebelum berhenti sempat menabrak satu unit sepeda motor yang membuat sepeda motor terseret sejauh lebih kurang 200 meter sebelum akhirnya truk boks yang melaju dari arah Solok menuju Kota Padang berhenti di bahu jalan sebelah kanan.

Saksi mata, Fitria Marlina, 30, kepada Padang Ekspres mengatakan, saat itu dia sedang berbonceng dengan adiknya dengan sepeda motor dari arah Solok. Ketika sampai di turunan jalan panorama II, ia melihat truk boks B 9312 TXU yang berada di depannya melaju dengan kecepatan tinggi.

“Tiba-tiba saja truk berwarna putih tersebut mendahului satu unit mobil yang ada di depannya dengan kecepatan yang tidak normal karena pada saat itu kondisi jalan menurun dan menikung,” jelas Fitria.

Kemudian truk tersebut langsung menabrak satu unit mobil yang ada di depannya dan terjadi kecelakaan beruntun. Akibatnya, 2 unit mobil yakni Mitsubishi Pajero Sport dan mobil L300 terjun ke dalam jurang yang berada di sisi kiri jalan.

“Sementara satu unit mobil Kijang Krista yang juga ikut ditabrak mengalami rusak parah di bagian depan dan belakang, namun beruntung posisi mobil tetap berada di pinggir jalan,” katanya.

Kemudian Fitria menyebutkan, truk boks yang terlihat tidak terkendali tersebut lalu juga menabrak satu unit sepeda motor dan terseret sejauh 200 meter dari lokasi dua unit mobil yang terjun ke dalam jurang tersebut.

Baca Juga:  Berdalih untuk THR, Oknum Pemnag Gunung Medan Lakukan Pungli

Tidak berlangsung lama, sejumlah pengendara kendaraan bermotor mencoba melakukan penyelamatan dan evakuasi terhadap penumpang 2 unit mobil yang terjun ke jurang.
“Di dalam mobil L300 itu hanya satu orang yakni sopir. Sopir itu yang pertama kali berteriak minta tolong. Sopir tersebut mengalami luka-luka dan saya sempat menolong mengobatinya sebelum dibawa ke rumah sakit terdekat,” ujarnya.

Setelah itu, proses evakuasi dilakukan terhadap penumpang mobil Mitsubishi Pajero Sport yang berjumlah sebanyak 4 orang. Proses evakuasi dilakukan dengan membuat tandu menggunakan terpal dan bambu.

“Keempat penumpang mobil Mitsubishi Pajero Sport lalu dibawa ke RS terdekat bersama dengan 4 penumpang mobil kijang krista yang juga ikut menjadi korban tabrakan beruntun tersebut,” tutur Fitria.

Terpisah, Kapolsek Luki, Kompol Edryan Wiguna membenarkan kecelakaan beruntun di kawasan panorama II Sitinjaulauik tersebut. Penyebab kecelakaan beruntun tersebut diduga truk boks mengalami rem blong sehingga tidak bisa mengendalikan kendaraannya.

Dalam peristiwa tersebut, dua unit mobil terjun ke dalam jurang. Untuk jumlah korban sendiri lebih dari 8 orang dan saat ini telah dibawa ke RS terdekat untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. “Saat ini petugas kepolisian dari Satlantas Polresta Padang dan Unit Lakalantas sedang melakukan penyelidikan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Sementara itu, Kanit Lakalantas Polresta Padang, Ipda Arisman menjelaskan, kronologi kecelakaan beruntun yang terjadi di Jalan Raya Padang-Solok itu, bermula dari truk datang yang datang dari arah Solok menuju Kota Padang sekitar pukul 11.00.

Sesampai di TKP, truk tersebut diduga mengalami rem blong atau masalah pada sistem pengereman sehingga sopir tidak bisa mengendalikan kendaraannya dan menabrak 5 kendaraan yang berada di depannya dan 1 mobil dari arah yang berlawanan.

Akibat kecelakaan tersebut, 2 orang yang menaiki sepeda motor BA 4342 OK meninggal dunia dan satu orang lainnya menderita luka dan dibawa ke RS terdekat. Kemudian 4 korban luka lainnya merupakan penumpang Mitsubishi Pajero Sport, 1 sopir pikap L300, 4 orang penumpang mobil Kijang Krista.

Untuk kendaraan Agya dan Suzuki Ertiga hanya mengalami kerugian materil akibat kecelakaan beruntun tersebut. Sampai saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan pendataan,” tukasnya. (a/err)

Previous articleLangka, Bunga Bangkai Ditemukan Berbuah 
Next articleShalat di Masjid, Tas Digeledah Maling