Pelaku Curanmor di 12 TKP Diringkus

36
Kapolsek Luki Kompol Edriyan Wiguna saat membawa pelaku ke RS Bhayangkara, Sabtu malam (16/1). (IST)

Opsnal Reskrim Polsek Lubukkilangan kembali mengamankan pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) Sabtu malam (16/1) di Jalan Nangka, Kelurahan Indarung, Kecamatan Luki.

Pelaku terpaksa dihadiahi timah panas karena melawan ketika ditangkap. Dari penangkapan pelaku, polisi mengamankan satu unit kendaraan roda dua di rumahnya.
Informasi yang diperoleh Padang Ekspres, pelaku berinisial GI, 25, merupakan warga Padangbesi.

Kapolsek Luki Kompol Edriyan Wiguna mengatakan, pelaku merupakan buruan Polsek Luki yang selama ini dicari-cari keberadaannya. Pelaku terkenal licik dan suka berpindah-pindah tempat tinggal untuk mengelabui petugas.

Penangkapan pelaku dilakukan bersama Reskrim dan Intel Polsek Luki. Saat penangkapan, pelaku diketahui sedang berada di rumah temannya di Jalan Nangka, Kelurahan Indarung.
Selanjutnya tim bergerak ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Ketika diamankan pelaku sempat melawan personel namun berhasil dilumpuhkan.

Selanjutnya dilakukan interogasi terhadap pelaku dan diketahui pelaku telah melakukan pencurian kendaraan bermotor sebanyak 12 TKP di wilayah hukum Polsek Luki dan Polsek Pauh.

Dalam melaksanakan aksinya pelaku dibantu oleh beberapa orang temannya yaitu berinisial “V” merupakan DPO dan dan “DD” sudah ditahan di Polsek Luki dalam kasus curanmor.

Saat akan menunjukkan rumah pelaku yang lain, pelaku kembali melakukan perlawanan terhadap personel dan dilakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku. Pelaku kemudian dibawa ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan, selanjutnya pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polsek Luki guna penyidikan lebih lanjut.

“Pelaku terpaksa kita lumpuhkan karena melawan dan mencoba melarikan diri,” ujarnya. Dalam keterangannya ia melakukan pencurian di 12 TKP di wilayah hukum Polsek Luki dan Pauh. “Kasus ini masih kita kembangkan,” tuturnya.

Baca Juga:  Dua Tersangka Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Padang Ditahan, AS Sakit

Motor Teman Digadaikan
Sementara itu, dua pelaku curanmor ditangkap oleh unit Opsnal Reskrim Polsek Nanggalo Modus. Modusnya meminjam motor teman lalu digadaikan. Salah satu pelaku merupakan residivis atau sudah pernah ditangkap dalam perkara yang sama.

Dua pelaku berinisial MFJ, 31 dan RM, 40, ditangkap Sabtu (16/1) sekitar pukul 17.00 berdasarkan laporan polisi nomor LP/01/B/I/2021/Sektor Nanggalo 16 Januari 2021 dengan pelapor berinisial DS.

Informasi yang diterima Padang Ekspres, kedua pelaku awalnya meminjam motor temannya dan kemudian menggadaikan motor tersebut. Karena merasa ditipu oleh temannya, korban pun langsung melaporkan kejadian itu ke Polresta Padang, dengan harapan pelaku dapat ditangkap.

“Pelaku ditangkap karena diduga menggadaikan motor korban. Modusnya, pelaku berpura-pura meminjam sepeda motor milik korban. Namun, bukannya dikembalikan, sepeda motor itu malah digadaikan oleh kedua pelaku. Motor kemudian dijual seharga Rp 2 juta, uang hasil penjualan itu ia gunakan untuk berfoya-foya,” ujar Kapolsek Nanggalo AKP Sosmedya.

Kapolsek menambahkan, pihaknya juga telah menangkap satu pelaku lainnya yang merupakan penadah motor hasil curian yang dijual oleh pelaku. Namun, dirinya belum bisa merinci secara detail identitas pelaku.

“Kasus ini masih kami kembangkan. Kedua pelaku beserta barang bukti sudah kami tahan. Adapun barang bukti yang kita amaknakan yakni dua unit sepeda motor merek Yamaha Mio Soul warna hitam dan Honda Beat warna putih,” tutupnya. (err)