Polres Mulai Disiplinkan Warga dalam Operasi Yustisi

19
Polres Bukittinggi membagikan masker kepada warga selama operasi yustisi pencegahan Covid-19. (net)

Jajaran Polres Bukittinggi mulai berangsur tegas dalam Operasi Yustisi pendisiplinan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan. Bagi yang kedapatan tidak menjalankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 bakal diarak ke Mapolres setempat.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara menyebut, operasi yustisi akan digelar Polri setiap hari, baik siang maupun malam. Meski operasi saat ini masih mengedepankan imbauan dan edukasi, namun warga yang kedapatan tak menjalankan prokes akan ditindak di Mapolres.

“Kemarin malam, tim opsnal Satreskrim sudah menindak sejumlah warga yang masih kedapatan tak patuhi protokol. Mereka dibawa ke kantor dan diminta membuat surat pernyataan supaya kedepannya jadi lebih disiplin,” kata AKBP Dody Prawiranegara didampingi Kabag Ops Kompol Partahian dan Kasat Reskrim AKP Chairul Amri Nasution, Kamis (17/9).

Dijelaskan, operasi yustisi digelar serentak di tanah air. Merupakan amanah dari Kapolri Jenderal Polisi, Drs. Idham Azis, M.Si, dalam Surat Telegram Nomor : ST/2608/IX/OPS.2/2020 tanggal 7 September 2020.

Tujuannya untuk mendisiplinkan warga agar patuh terhadap protokol kesehatan. Gerakan bersama ini demi memutus mata rantai penularan Covid-19 yang saat ini kian mengkhawatirkan.

Baca Juga:  Bareskrim Belum Tetapkan Tersangka Kebakaran Kejagung

Pihaknya berharap, seluruh masyarakat di Bukittinggi menerapkan dan ikut mengkampanyekan prilaku 3M saat beraktivitas. Yakni, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan.

“Operasi ini untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional dalam penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Apabila masyarakat sehat, maka otomatis perekonomian kita akan baik,” terangnya. (p)