Kejati Sumbar Sediakan Layanan Konsultasi Hukum Gratis

13
Masyarakat saat konsultasi masalah hukum dengan Kajati Sumbar Amran, usai launching layanan konsultasi hukum gratis kemarin. (Foto: IST)

Guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumbar menyediakan layanan konsultasi hukum gratis melalui program Jaksa Masuk Mall (JMM), di Transmart Padang. Layanan ini resmi dilaunching, kemarin (18/6).

Kajati Sumbar Amran menyampaikan, melalui layanan ini masyarakat bisa konsultasi masalah hukum, terutama hukum perdata dan tata usaha negara, secara gratis. “Daripada masyarakat datang ke Kantor Kejati atau di tempat lain dikenakan biaya. Nah kalau di layanan ini gratis. Nanti tim jaksa dari Kejati Sumbar akan mengkaji, memberikan solusi agar selesai permasalahannya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, nantinya setelah layanan ini berjalan, jajaran Kejati Sumbar akan mengevaluasi dan melakukan sinkronisasi pelayanan hukum lain secara gratis, yang sesuai kebutuhan masyarakat.

“Waktu pelayanan konsultasi hukum gratis untuk tahap awal ini, dijadwalkan akan kami buka seminggu dalam sekali. Masyarakat akan dilayani oleh dua sampai empat jaksa nantinya,” imbuhnya.

Selain itu, Amran akan menghadirkan Asisten Intelijen, Asisten Pidana Khusus, dan Asisten Pidana Umum Kejati Sumbar untuk bisa bersinergi dengan jaksa yang ditugaskan dalam memberikan layanan konsultasi hukum gratis kepada masyarakat dalam program ini.
“Untuk itu, bagi masyarakat yang punya permasalahan hukum, silakan datang,” tukas Amran.

Salah seorang pengunjung mal, Resti, 23, mengatakan, dia sangat terbantu dengan adanya layanan konsultasi hukum gratis yang disediakan Kejati Sumbar ini. Pasalnya, layanan yang disediakan di mal ini lebih mudah diakses masyarakat.

“Lebih gampang mengaksesnya daripada ke kantor kejaksaan. Kalau di mal kan masyarakat bisa langsung coba layanan ini tanpa ada prosedur yang harus dipenuhi,” ujarnya usai mencoba layanan konsultasi hukum gratis dari Kejati Sumbar.

Terus Siapkan Strategi Raih WBBM
Setelah meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Kantor Kejati Sumbar terus mempersiapkan strategi menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Saat ini, Kejati Sumbar sedang melakukan pembuatan video profil dalam penilaian menuju WBBM tersebut.

Selain itu, jajaran Kejati Sumbar juga sudah melakukan banyak inovasi baik internal maupun eksternal. Mulai dari aplikasi silabina next generation dan untuk pengembangannya seperti anjungan layanan mandiri next generation, naik pangkat secara elektronik, perjalanan dinas secara elektronik, informasi gaji dengan diperol, perpustakaan elektronik, arsip elektronik.

“Dengan adanya inovasi ini, kami bisa memberikan suatu bentuk pelayanan kepada publik,” kata Kepala Kejati Sumbar Amran melalui Asisten Pembinaan Dwi Antoro, kemarin (18/6).
Di sisi lain, Kantor Kejati Sumbar juga telah tersedia Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan telah resmi dibuka Mei lalu. “Bagi yang datang ke kantor Kejati, akan dilayani satu pintu di PTSP tersebut,” tukas Dwi. (i)