Dugaan Korupsi Dana Baznas Terus Diproses

65
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu.(IST)

Kasus dugaan penyelewengan dana Bantuan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat tahun 2021 saat ini masih dalam proses penyelidikan oleh Dit Reskrimsus Polda Sumbar.

“Saat ini masih dalam proses penyelidikan oleh Dit Reskrimsus Polda Sumbar,” sebut Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu kepada Padang Ekspres kemarin.

Pihaknya telah meminta klarifikasi sejumlah orang terhadap dugaan penyelewengan dana Baznas tahun 2021 di Kabupaten Pasaman Barat itu. “Sejumlah orang telah diminta klarifikasinya terkait kasus ini,” ujar Satake.

Penyelidikan dan pemintaan klarifikasi telah dilakukan oleh Dit Reskrimsus Polda Sumbar semenjak Rabu (9/2) lalu. “Pemeriksaan dimulai minggu lalu mulai dari pelapor, saksi dan terlapor, yakni Suharman (PLH Ketua Baznas) selaku pelapor, Zawil Huda (Staff Baznas), Murni (Kasi Keuangan), Misra Yesti (Bendahara Baznas) dan Hendrizal, (Sekretaris Baznas) pada hari Rabu, Kamis dan Jumat,” sebutnya.

Kemudian, pada Senin, (14/2). Petugas Dit Reskrimsus Polda Sumbar juga melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Pasaman Barat Hamsuardi.

“Penyidik ada juga melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Pasaman Barat Hamsurdi untuk diminta klarifikasi. Pada hari Selasa ada dua orang diperiksa untuk klarifikasi mereka Titi Hamsuardi istri Bupati dan eks-Sekkab Yudesri pada hari Selasa, (15/2),” ucapnya.

Baca Juga:  Agus Suardi Ajukan Justice Collabolator Kasus Dugaan Korupsi KONI Padang

Sebelumnya, diketahui ada laporan yang masuk ke Polres Pasaman Barat, terkait dugaan kasus penyelewengan dana distribusi Baznas. Sejumlah pejabat dan pihak terkait sudah diperiksa.

Dugaan kasus penggelapan uang Baznas Pasbar tahun 2021, tertuang dalam Laporan polisi Nomor :LP/B/198/IX/2021/SPKT/Polres Pasaman Barat, Kamis, 9 September 2021. Pelapornya, mantan Ketua Baznas dan terlapor HE sebagai mantan sekretaris dan YE sebagai mantan bendahara. (rid)