Peredaran 1,5 Kg Ganja ke Mentawai Digagalkan

26
Jajaran Polres Mentawai memperlihatkan barang bukti 1,5 kg ganja milik tersangka yang berhasil diamankan beberapa waktu lalu. (net)

Jajaran Polres Kepulauan Mentawai berhasil mengungkap peredaran ganja dan mengamankan tiga pelaku di dua sektor di daerah tersebut. Pengungkapan dilakukan Polsek Siberut Selatan dan berhasil mengamankan 1,5 kilogram ganja kering di kawasan Desa Maileppet, Siberut Selatan.

Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Mu’at kepada wartawan, kemarin, (24/9) mengatakan, kasus penangkapan tiga pria di wilayah Polsek Siberut tersebut berawal dari laporan warga yang kehilangan uang sebesar Rp 11 juta pada 11 September 2020. Dari laporan tersebut, jajaran Polsek Siberut melakukan pengembangan dan penyelidikan.

”Nah, dari hasil penyelidikan, diduga pelaku seorang laki-laki berinisial AR, 19, bekas penghuni LP Muaro Padang program asimilasi Covid-19 dengan kasus curanmor. Tanggal 19 September 2020 kita langsung mengamankan pelaku yang saat itu berada di Pelabuhan Maleppet, Siberut, menunggu kedatangan kapal cepat,” ungkap Kapolres yang didamping Wakapolres, Kompol Maman Rosadi dan Kapolsek Siberut Iptu Ronal Yandra.

Saat penyelidikan tersangka, petugas belum menemukan bukti yang mengarah pada perbuatannnya. Namun, di tengah penyelidikan ada panggilan telepon masuk ke telepon seluler milik tersangka AR. ”Pada saat itu, baru diketahui bahwa di atas kapal cepat ada kiriman untuk tersangka AR. Kita langsung menuju kapal dan mengamankan barang narkotika jenis ganja dengan berat 1,5 kg atau seharga Rp 5 juta lebih,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tiga PPNS LLAJ BPTD Wilayah III Sumbar Terima Penghargaan

Diketahui, ganja kering tersebut dibeli tersangka di Padang dari hasil uang curian milik warga Siberut yang melapor kehilangan itu. Kemudian, dari pengembangan juga diamankan dua pria lainnya, yakni, E, 19, dan AD, 19. ”Sampai saat ini, kami masih terus melakukan pengembangan. Kemungkinan, barang tersebut untuk dijual tersangka di Siberut,” tuturnya.

Sebelumnya, pada 2 September 2020 Satnarkoba Polres Mentawai juga mengamankan satu orang pemuda inisial J, 19, di Kecamatan Sipora Utara. Penangkapan tersangka J, berawal dari laporan masyarakat. ”Pada saat penangkapan tersangka, ditemukan ganja kering di dalam bungkus rokok milik tersangka. Saat ini, ke empat tersangka sudah kita amankan di sel Mapolres Kepulauan Mentawai. Untuk ancaman hukuman tersangka dari Siberut yakni, pasal 111 ayat dua dengan ancaman 5 tahun penjara hingga seumur hidup, karena kepemilikan melebihi 1 kilogram ganja,” pungkasnya. (rif)