Spesialis Pencuri Rumah Kosong Dibekuk

12
ilustrasi. (net)

Seorang pelaku pencurian emas berhasil dibekuk oleh Polsek Tanjungbaru bersama Sat Reskrim Polres Tanahdatar. Pelaku berinisial N berumur 46 tahun tersebut dibekuk oleh petugas tanpa perlawanan. Pelaku diduga spesialis pencuri rumah kosong.

Penangkapan tersebut berawal dari kejadian yang terjadi Jumat (7/5). Saat itu, seorang warga Jorong Ampaleh, Nagari Tanjungalam, Kecamatan Tanjungbaru terkejut sepulang Shalat Tarawih melihat kondisi rumahnya telah berantakan.

Korban yang baru pulang dari Taraweh sekira pukul 21.00 b, bersama anaknya itu tidak hanya mendapati kondisi rumah berantakan, akan tetapi lemari pakaian yang ada di dalam kamar juga sudah acak-acakan.

“Setelah diperiksa oleh korban bersama anaknya, ternyata diketahui jika emas seberat 24 gram, beserta 3 handphone Android milik mereka sudah raib, kerugian yang mereka alami ditaksir sebanyak Rp 51.000.000,” ujar AKP Desfi Arta, Kasubbag Humas Polres Tanahdatar, Rabu (26/5).

Korban yang mengetahui barang berharganya lenyap, kemudian melaporkan kejadian itu kepada Polsek Tanjungbaru. ”Polsek Tanjungbaru bekerjasama dengan Satuan Reserse Kriminal Polres Tanahdatar kemudian melakukan penyelidikan, dalam rentang waktu 11 hari diperoleh petunjuk pelaku pencurian emas berada di wilayah Bukittinggi,” ujar AKP Desfi Arta.

Hasil dari penyelidikan itu, petugas yang sudah mengantongi keberadaan pelaku kemudian bergerak. Hingga Selasa (18/5) pelaku berinisial N, warga Birugo, Kota Bukittinggi dibekuk tanpa perlawanan. Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti hasil curiannya itu. Selanjutnya pelaku dibawah ke Polres Tanahdatar guna proses penyidikan.

”Berdasarkan konfirmasi dengan pihak penyidik Polres Tanahdatar, pelaku merupakan spesialis pencurian rumah kosong dan sudah berulang kali keluar masuk Bui. Pelaku dapat di jerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tukasnya. (stg)

Previous articlePolres Gagalkan Peredaran 20 Paket Sabu, Tiga Tersangka Dibekuk
Next articlePria Pertama di Dunia yang Divaksinasi Covid-19 Meninggal