Dubes Al Busyra Terima Outstanding Ambassador Award for Youth Development

15

Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur menerima Outstanding Ambassador Award for Youth Development 2022. Penghargaan diberikan oleh OYES Global Foundation, sebuah organisasi pemuda terkemuka yang beranggotakan tokoh pemuda dari negara-negara Afrika dan Asia.

Pemberian award tersebut diumumkan secara resmi pada Africa Asia Youth Forum (AAYF) yang diselenggarakan OYES Global Foundation tanggal 28-30 Juli 2022 di sebuah hotel di Addis Ababa. Forum dihadiri oleh delegasi dari 40 negara dan dibuka oleh Menteri Urusan Wanita dan Sosial Ethiopia, Dr. Ergoge Tesfaye.

Penyerahan award kepada Dubes Al Busyra Basnur dilakukan Senin 1 Agustus 2022 dalam sebuah acara khusus di Kedutaan Besar RI Addis Ababa. Award disampaikan langsung oleh delegasi OYES yang terdiri dari Direktur Eksekutif organisasi negara-negara Afrika yaitu Uni Afrika, Presiden OYES dan dewan direksi yang berasal dari Ethiopia, Nigeria, Bangladesh dan Thailand.

Dalam rilis yang diterima Padek, Award diberikan atas peran dan jasa Duta Besar Al Busyra Basnur dalam memajukan pemuda global, khususnya kegiatan diplomasi pemuda di Afrika dan Asia.

Penghargaan itu yang ketiga kali diterima Duta Besar Al Busyra Basnur selama bertugas di Addis Ababa sejak Maret 2019. Sebelumnya, 13 Desember 2019 Menteri Negara Pariwisata dan Budaya Ethiopia memberikan penghargaan atas peranan Dubes Al Busyra Basnur memajukan hubungan bilateral Indonesia-Ethiopia, terutama melalui peran pemuda. Sementara pada 8 Februari 2020 penghargaan juga diberikan oleh Safe Light, sebuah organisasi pemuda terkemuka di Ethiopia.(rel)