WHO Tolak Obat dari Tanaman Artemisia Annua untuk Covid-19

Ilustrasi kantor WHO. WHO tak mengizinkan obat tradisional tanaman Artemisia Annua untuk Covid-19 (Reuters)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan kepada masyarakat dunia agar jangan sembarangan menggunakan obat-obatan sendiri untuk menyembuhkan pasien Covid-19 atau virus korona.

Pernyataan WHO itu menyusul temuan obat tradisional dari tanaman Artemisia Annua yang dilontarkan oleh Presiden Madagaskar, Andry Rajoelina.

Dilansir dari AsiaOne, Selasa (5/5), WHO menegaskan segala obat harus dipastikan uji klinisnya. Apalagi obat untuk pasien Covid-19 harus diuji efektivitas dan efek sampingnya.

WHO tak menampik bahwa pihaknya mendukung obat tradisional yang telah terbukti secara ilmiah. WHO menambahkan bahwa pengobatan komplementer dan alternatif memiliki banyak manfaat.

Perlombaan untuk menemukan obat Covid-19 telah memicu minat baru pada tanaman seperti Artemisia Annua, yang juga dikenal sebagai wormwood manis.

Presiden Madagaskar, Andry Rajoelina, mempromosikan penyembuhan berdasarkan tanaman itu. Meski campuran herbal ini belum diuji secara ilmiah, pimpinan dari beberapa negara Afrika telah mengumumkan pemesanan atas obat tersebut.

”Bahkan jika terapi berasal dari praktik tradisional dan alami, bisa manjur tentu itu baik. Tapi keamanannya harus melalui uji klinis yang ketat, itu sangat penting,” kata kantor WHO regional Afrika sub-Sahara dalam pernyataannya.

WHO sedang bekerja dengan lembaga penelitian untuk memilih produk obat tradisional yang dapat diselidiki untuk kemanjuran klinis dan keamanan untuk pengobatan Covid-19. Kehati-hatian harus diambil terhadap informasi yang salah, terutama di media sosial.

“Banyak tanaman dan zat yang sedang diusulkan tanpa persyaratan minimum dan bukti kualitas, keamanan dan kemanjuran,” katanya.

WHO juga mengingatkan penggunaan produk yang belum diselidiki justru membuat pasien dalam bahaya. Apalagi memberi mereka rasa aman yang palsu atau sekadar sugesti dan mengalihkan perhatian dari tindakan pencegahan. (jpg)