30 Orang dalam Dua Keluarga Positif Covid-19 di UEA, Ada Bayi 2 Bulan

Seorang wanita memegang tanda imbauan di salah satu mal yang telah buka di UEA, Selasa (5/5/2020). (Foto: Reuters)

Sebanyak 30 orang dalam dua keluarga di Uni Emirat Arab (UEA), terkonfirmasi positif terinfeksi virus korona (Covid-19), Rabu (6/5/2020).

Sebelumnya, dua keluarga itu menggelar pertemuan bersama secara besar. Di antara yang terinfeksi itu, ada bayi berusia dua bulan dan sejumlah orang lanjut usia.

Juru bicara pemerintah UEA, Amna al-Shamsi, mengatakan kedua keluarga itu tidak mematuhi langkah-langkah pencegahan Covid-19.

Seharusnya, peran penting setiap individu melindungi orang yang mereka cintai, terutama yang menghadapi risiko terbesar.

Apalagi orang tua, salah satu kelompok berisiko tinggi yang rentan terhadap infeksi Covid-19. Pasien yang memiliki penyakit kronis dan anak-anak juga memiliki sistem imun lemah.

Pihak berwenang UEA mencatat 546 kasus virus korona dalam 24 jam terakhir. Pertambahan itu meningkatkan jumlah konfirmasi Covid-19 menjadi 15.738.

Negara itu juga mengonfirmasi 11 kematian akibat virus korona yang memiliki komplikasi penyakit kronis, sehingga total kematian mencapai 157.

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh melonjak menjadi 3.359 setelah terdapat laporan 206 pasien yang sembuh.

Al-Shamsi mengatakan bahwa jumlah pasien yang pulih telah meningkat sejak awal Mei. Jumlah rata-rata harian pasien sembuh selama enam hari pertama Mei mencapai 155 orang, naik dibandingkan rata-rata harian sebelumnya 100 orang per hari.

UEA pada Selasa (5/5/2020) melarang masuknya anak-anak di bawah usia 12 tahun dan manula di atas usia 60 tahun ke mal, toko ritel, dan supermarket.

“Sebagai bagian dari upaya pemerintah menahan penyebaran virus korona dan menjaga kelompok-kelompok risiko tinggi,” katanya seperti dilansir Al-Arabiya.

Selain itu, hingga Selasa (5/5/), UEA telah melakukan lebih dari 1,3 juta tes virus korona sebagai bagian dari upaya pemerintah memperluas cakupan pengujian di seluruh negeri. Untuk deteksi dini infeksi Covid-19.

Al-Shamsi mengingatkan pentingnya individu tidak meninggalkan rumah mereka, kecuali benar-benar penting. Lalu, menghindari pertemuan lebih dari lima orang, menjaga jarak fisik dua meter antara satu sama lain, dan mengenakan masker wajah setiap saat.(esg)