Bill Gates Kembangkan Vaksin Covid-19

76
Vaksin Covid-19. (Foto: reuters)

Dermawan miliarder Bill Gates melihat cara untuk membuat dunia bisa diimunisasi atau mendapatkan akses vaksin Covid-19. Itu termasuk memastikan bahwa daerah miskin bisa mengakses.

Gates fokus untuk memberikan dana pada beberapa kandidat vaksin untuk membantu memastikan kapasitas produksi siap bahkan sebelum terbukti berhasil.

The Bill & Melinda Gates Foundation juga membantu negara-negara berpenghasilan rendah dengan USD 100 juta untuk upaya yang dipimpin oleh Gavi nirlaba, Aliansi Vaksin.

Co-founder Microsoft Corp itu menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas untuk memperluas akses vaksin Covid-19. Itu adalah kunci untuk menghentikan pandemi dan memulai kembali ekonomi.

“Ada rencana untuk memiliki banyak pabrik di Asia, beberapa pabrik di Amerika, beberapa pabrik di Eropa, dan jika kita dapat menghasilkan lebih dari 1 hingga 2 miliar dosis per tahun,” kata Gates, Rabu seperti dilansir dari Bloomberg, Minggu (7/6).

Akses mendapatkan vaksin adalah masalah yang terjadi di negara-negara miskin. Dan pandemi ini mengganggu imunisasi rutin secara global, menempatkan jutaan anak dalam risiko penyakit seperti difteri, campak dan polio. Yayasan Gates yang berbasis di Seattle juga berkomitmen USD 1,6 miliar untuk memperluas vaksin standar ini.

Kelompok-kelompok seperti CEPI, Gavi dan Organisasi Kesehatan Dunia memimpin upaya untuk mencoba mengamankan dan menyebarkan vaksin Covid-18 secara adil di seluruh dunia.

AstraZeneca Plc, pembuat obat di Inggris yang bekerja dengan University of Oxford tentang vaksin Coronavirus sedang berbicara dengan kelompok-kelompok tersebut tentang alokasi dan distribusi.

Moderna Inc., Johnson & Johnson, Merck & Co. dan Sanofi adalah beberapa di antara mereka yang mengembangkan pengujian. Salah satu bagian dari rencana untuk meningkatkan akses adalah perjanjian pembelian yang dipimpin oleh Gavi untuk berinvestasi di bidang manufaktur sambil menyediakan dosis dengan harga yang wajar.

Pada akhirnya, pengeluaran akan memerlukan sedikitnya USD 10 miliar atau setara Rp 150 triliun. ”Mengimunisasi dunia dapat menelan biaya puluhan miliar Dolar,” kata CEO Gavi Seth Berkley.

Perkiraan Biaya Vaksin
Bill Gates memprediksi biaya beberapa vaksin Covid-19 dapat berkisar mulai dari sekitar USD 4 per dosis atau Rp 60 ribu hingga berpotensi USD 15 atau setara Rp 225 ribu per dosis. Gates mengatakan dalam briefing.

“Sekitar delapan pendekatan vaksin eksperimental, kami pikir cukup menjanjikan dan dapat diskalakan jika berhasil,” kata Gates. (jpg)