70 Vaksin Covid-19 Tengah Dikembangkan, Tiga Jadi Andalan

Sebanyak 70 vaksin tengah dikembangkan secara global. Di mana tiga di antaranya mulai diuji coba pada manusia.Tiga vaksin yang tengah diuji coba pada manusia adalah vaksin yang dikembangkan oleh CanSino Biologics Inc, Moderna Inc, dan Inovio Pharmaceuticals Inc.

Berdasarkan dokumen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti dilansir Bloomberg, yang terdepan dalam proses klinis adalah CanSino Biologics dari Hong Kong dan Beijing Institute of Biotechnology.

Vaksin eksperimental tersebut saat ini berada dalam Fase 2. Sementara Moderna dan Inovio Pharmaceuticals merupakan perusahaan farmasi milik Amerika Serikat.

Pada bulan lalu, CanSino mengatakan mereka telah menerima persetujuan dari pemerintah Tiongkok untuk mulai melakukan uji coba vaksin pada manusia. Moderna yang berbasis di Cambridge, Massachusetts juga telah menerima persetujuan regulator untuk bergerak cepat ke uji coba pada manusia pada Maret. Namun mereka melewatkan uji coba pada hewan yang seharusnya terlebih dahulu dilakukan untuk mengembangkan vaksin.

Yang terbaru, Inovio yang memulai uji coba pada manusia pada pekan lalu. Menurut WHO, pengembangan vaksin untuk virus korona baru atau SARS-CoV-2 merupakan kemajuan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Karena pada dasarnya, pengembangan vaksin karena patogen infeksius biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 tahun. Namun saat ini, banyak pihak yang optimis vaksin tersebut bisa meluncur ke pasaran pada tahun depan.

Sekarang, semua industri obat besar dan kecil tengah berlomba untuk mendapatkan vaksin yang sangat dibutuhkan oleh dunia. Mereka berlomba mencari vaksin yang paling efektif dan efisien. Misalnya saja perusahaan farmasi raksasa sekelas Pfizer Inc. dan Sanofi yang saat ini sudah memiliki kandidat vaksin yang memasuki tahap praklinis. (*)