AS Minta Warganya di Indonesia Segera Pulang

Ilustrasi.

Kedutaan Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia meminta semua warganya yang masih berada di Indonesia untuk pulang kampung. Alasannya tentu karena dunia tengah dilanda pandemi Covid-19. Warga AS diminta sebaiknya berada di negaranya berkumpul bersama keluarga masing-masing.

Charge d’Affaires di Kedubes AS Heather Variava, menegaskan bahwa rumah adalah tempat yang paling aman saat ini. Dan di tengah situasi yang tak menentu menghadapi wabah, lebih baik warga AS kembali ke negaranya.

“Bagi yang masih bingung mau melakukan apa, warga AS saya tekankan ayo kembali pulang. Semakin lama kamu menunggu, semakin kecil pula kemungkinan Anda bisa pulang,” katanya dalam pernyataannya secara resmi lewat media sosial Kedubes AS baru-baru ini.

Dia mengingatkan bagi warga AS yang masih terpisah dengan keluarganya di kampung halaman, maka pikirkan yang terpenting untuk berkumpul bersama keluarga. Bertambahnya kasus tentu membuat rumah sakit dan fasilitas kesehatan juga semakin membludak.

“Jika Anda terpapar, maka tentu akan semakin sulit mendapat pelayanan kesehatan. Jika Anda peduli dan sayang pada keluarga dan teman-temanmu dan juga Indonesia, maka segera pulanglah,” tegas Heather.

Sebelum perintah ini disampaikan, melalui pernyataan tertulis Kedubes AS juga sudah menyampaikan imbauan-imbauan untuk warganya. Departemen Luar Negeri menyarankan warga negara AS untuk menghindari semua perjalanan internasional karena dampak global Covid-19.

Melihat keberangkatan komersial tetap tersedia, warga negara AS yang tinggal di luar Amerika Serikat harus mengatur untuk segera kembali, kecuali jika mereka siap untuk tetap di luar negeri tanpa batas waktu. Warga negara yang memutuskan untuk tetap di Indonesia harus siap untuk berlindung di suatu tempat untuk waktu yang lama.

Indonesia memiliki lebih dari 5.136 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi. Untuk mengurangi kemungkinan paparan, warga negara AS di Indonesia disarankan untuk mempraktikkan kebersihan yang baik dan menghindari orang sakit. Bahkan harus menghindari daerah yang ramai termasuk tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing.

Carilah tenaga medis jika mengalami demam atau gejala mirip flu atau mengembangkan penyakit pernapasan. Telepon dulu sebelum Anda pergi ke kantor dokter atau ruang gawat darurat. Ceritakan tentang perjalanan terkini dan gejala Anda. Sistem kesehatan Indonesia saat ini berada pada atau di luar kapasitas dan layanan medis terbatas. (*)