Presiden Ukraina bakal Beri USD 1 Juta Bagi Penemu Vaksin Covid-19

Banyak negara bahu membahu melawan pandemi Covid-19. Segala daya upaya telah dikerahkan agar Covid-19 dapat segera teratasi. Salah satunya dengan membuat dan mengembangkan vaksin yang dapat membunuh virus.

Para peneliti dan perusahaan farmasi terus berupaya membuat vaksin Covid-19. Bahkan beberapa sudah ada yang mulai diuji cobakan kepada manusia.

Terkat penemuan vaksin Covid-19, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membuat sayembara. Zelensky menjanjikan bagi siapapun di negara itu yang mampu menemukan dan membuat vaksin Covid-19 akan diberikan uang senilai USD 1 juta atau setar Rp 15,7 miliar.

Dilansir dari AFP via BusinessRecorder, Zelensky percaya bahwa USD 1 juta adalah insentif yang baik. Dia menambahkan bahwa permintaan Zelensky untuk mengembangkan vaksin melawan Covid-19 telah dikirim ke Akademi Ilmu Pengetahuan Ukraina bulan lalu.

“Zelensky sangat ingin ilmuwan Ukraina bekerja lebih aktif untuk mengembangkan obat-obatan yang akan membantu seluruh dunia,” kata Juru Bicara Yuliya Mendel dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke AFP.

Pemimpin negara bekas Soviet dengan populasi sekitar 42 juta ini telah mengonfirmasi 3.102 kasus COVID-19 dan 93 orang telah meninggal.  Meski demikian, Ukraina bertindak cepat untuk menutup sekolah, universitas, dan ruang publik untuk membendung penyebaran virus. Mereka juga telah mematikan sistem transportasi metro di tiga kota.

Pada hari Senin Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyoroti pentingnya mengembangkan vaksin Covid-19, dengan mengatakan itu diperlukan untuk sepenuhnya menghentikan penularan penyakit yang telah menyebabkan lebih dari 100.000 kematian di seluruh dunia sejak pertama kali diidentifikasi di Tiongkok akhir tahun lalu. (*)