Cegah Korona, Arab Saudi Denda Temu Keluarga Lebih Lima Orang

Petugas kesehatan melakukan tes swab saat kampanye uji coronavirus di Riyadh. (Foto: Dok.AFP)

Pemerintah Arab saudi mengeluarkan larangan pertemuan keluarga lebih dari lima orang sebagai bagian dari pencegahan dan upaya menahan penyebaran virus korona (Covid-19). Sanksi diberlakukan bagi yang melanggar larangan tersebut.

Juru Bicara Keamanan Kementerian Dalam Negeri, Talal al-Shalhoub menambahkan, pertemuan lebih dari lima orang yang dilarang juga termasuk pertemuan keluarga di dalam rumah, atau tempat peristirahatan atau pertanian.

Begitu juga setiap pertemuan non-keluarga di dalam rumah, atau tempat peristirahatan, peternakan, kamp, dan area terbuka bagi penghuni suatu lingkungan.

“Acara-acara seperti pernikahan, pemakaman, pesta, dan semacamnya juga dilarang,” kata Al-Shalhoub Seperti dilansir Al Arabiya, Minggu (17/5/2020).

Setiap pertemuan pekerja di luar tempat tinggal mereka di rumah, atau bangunan yang sedang dibangun, atau tempat peristirahatan atau pertanian pun dilarang.

Masyarakat juga tidak diizinkan berkumpul di mal atau toko di luar batas kapasitas yang ditentukan. Harus memastikan ada jarak fisik dua meter.

“Setiap orang yang menghadiri dan mengajak pertemuan tersebut akan dianggap melanggar aturan pemerintah. Mereka akan disanksi denda dan dihukum,” katanya.

Seperti dilansir Arabnews, denda minimum SR5,000 (USD1,333) akan dikenakan pada setiap orang yang menghadiri atau mengorganisir pertemuan.

Al-Shalhoub menambahkan bahwa pada pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, bukan untuk pertemuan dan kunjungan.

Dia mengatakan pihak berwenang mendeteksi 3.334 pelanggaran jam malam pada hari Jumat.

Sementara itu, menurut Kementerian Kesehatan Arab Saudi, kasus korona virus sudah mencapai 51.980, 23.666 pasien pulih dan 302 kematian.(Al Arabiya/esg)