Islandia Izinkan Wisatawan Masuk jika Ada Sertifikat Vaksinasi Covid

36

Kementerian Kesehatan Islandia mengizinkan semua wisatawan ke negara itu mulai Kamis (18/3/2021) jika mereka memiliki sertifikat telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Jika seorang wisatawan memiliki sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh European Medicines Agency (EMA) atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tidak diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya negara tersebut sudah mengizinkan pengunjung dari sesama negara zona Schengen yang memegang sertifikat. Namun, langkah tersebut sekarang berlaku untuk semua pengunjung.

Islandia, meski bukan anggota Uni Eropa (UE), tapi memiliki hubungan dekat dengan blok tersebut, dan merupakan bagian dari zona pergerakan bebasnya.

Langkah itu dilakukan ketika UE menyusun rencana skema paspor vaksinnya sendiri untuk mengembalikan pergerakan bebas orang-orang di dalam blok tersebut.

Pada Rabu (17/3/2021), Komisi Eropa mengusulkan pembuatan Digital Green Certificate, untuk memberikan kepastian bahwa seseorang telah divaksinasi virus korona, menerima hasil tes negatif, atau sembuh dari Covid-19.

Sertifikat vaksinasi akan didasarkan pada suntikan yang disetujui oleh European Medicines Agency (EMA).

Tetapi Komisi Eropa telah mengatakan bahwa masing-masing negara anggota dapat memutuskan apakah mereka menerima vaksin yang belum diberi lampu hijau oleh EMA, seperti Sputnik V Rusia, atau Sinopharm China, keduanya dikerahkan di negara anggota Hongaria.

Baca Juga:  Hasil USG Kembar 7, saat Lahir Kembar 9

Dengan aturan barunya, Islandia menjadi salah satu negara Eropa pertama yang membuka perbatasan eksternal Schengen untuk warga negara-negara ketiga.

Siprus mengumumkan pada awal Maret niatnya untuk mengizinkan warga Inggris yang divaksinasi Covid-19 masuk tanpa karantina mulai 1 Mei.

Dengan membakukan persyaratannya, Islandia berharap dapat meningkatkan arus pengunjung dari AS dan Inggris, dua negara yang merupakan bagian penting dari pasar wisatanya, yang juga termasuk yang paling maju dalam hal vaksinasi di seluruh dunia.

Hampir 10% penduduk Islandia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.(*/Euronews)

Previous articleKualifikasi Piala Dunia: Trent Alexander tak Masuk Skuad Inggris
Next articlePadangpanjang Bakal Ada Exit Tol di Trase Sicincin-Bukittinggi