Foto Pendiri Korut Dicopot, Rumor Kematian Kim Jong Un Kembali Mencuat

Foto besar Kim Il-sung dan Kim Jong-il di Lapangan Kim Il-sung di Pyongyang. Kabarnya, kedua foto tersebut dicopot karena akan direnovasi. Namun, isu kematian Kim Jong Un malah kembali mencuat (Express)

Dua foto besar pendiri Korea Utara, Kim Il-sung dan Kim Jong-il menghilang secara misterius di alun-alun Pyongyang, Korea Utara. Rezim Kim Jong Un dikabarkan melakukan pencopotan kedua foto tersebut dari Lapangan Kim Il-Sung di Pyongyang.

Di balik misteri itu, pencopotan foto dianggap sebagai langkah renovasi untuk mengganti atau bahkan menambahkan foto lainnya. Hal tersebut justru membuat isu kematian Kim Jong Un kembali muncul. Tentunya di balik pencopotan foto Kim Il-sung dan Kim Jong-il. Apakah mungkin penghapusan foto itu menjadi jawaban?

Dilaporkan oleh situs web NK News yang berbasis di Seoul, Jumat (18/5), patung Kim Jong-il juga telah dipindahkan. Jurnalis Roy Calley mengatakan kepada Express kemungkinan tempat itu sedang direnovasi seperti sebelumnya. Apa mungkin benar, Kim Jong Un sudah meninggal dunia? Spekulasi itu kembali muncul seperti dilansir dari Express, Senin (18/5).

“Fakta bahwa potret telah dihapus sangat menarik. Kim Jong Un tidak bisa memiliki patung atau potret kecuali dia sudah mati. Saya menduga mereka bersiap untuk menambahkan patung dan potret ketiga, tetapi siapa yang tahu?” katanya.

Area potret alun-alun, yang terletak di ibu kota negara itu, belum diubah sejak 2012, tahun setelah ayah Kim meninggal. NK News mengklaim foto-foto satelit yang diambil pada Senin menunjukkan dek observasi utama tempat para pejabat senior menonton parade militer telah dihancurkan.

Outlet itu juga mengklaim sisi barat alun-alun ditutup untuk lalu lintas. Perkembangan tersebut mengikuti periode spekulasi yang intens tentang kesehatan pemimpin Korut Kim Jong Un.

Tapi isu kematian Kim Jong Un berlalu begitu saja setelah absen dari mata publik selama hampir tiga minggu. Maklum saja, dia muncul dalam rekaman saat membuka pabrik pupuk di Pyongyang yang dirilis oleh media pemerintah.

Namun, pada saat itu jurnalis Calley menilai tak ada cara untuk membuktikan kapan foto itu diambil. “Tidak ada cara untuk mengatakan kapan foto ini diambil. Ini hanyalah pabrik lain di Pyongyang dan ini adalah gambaran yang sangat aneh untuk dirilis tiba-tiba,” katanya tak percaya.

Jika Kim Jong Un benar meninggal, saudara perempuannya, Kim Yo-jong, dianggap sebagai pengganti yang paling kuat. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh situs web 38 North, analis Chris Steinitz, Ken Gause, dan Elizabeth Yang mengatakan bisa jadi Kim Yo-jong sedang dipersiapkan sebagai penggantinya, atau sebagai alternatif dia akan memainkan peran kepemimpinan yang menonjol, mungkin semacam bupati.

“Yang jelas adalah berdasarkan tanggung jawab yang diberikan kakaknya kepadanya, dia akan memiliki kursi kekuasaan. Apakah seseorang seperti Kim Yo-jong akan duduk di atas struktur. Mungkin juga bahwa beberapa anggota laki-laki dari keluarga Kim dapat diajukan sebagai figur untuk tujuan legitimasi, bukan Kim Yo-jong,” tutur para analis. (jpg)