Korona Merajalela, Arab Saudi Pasang Kamera Suhu Tubuh di Masjid Nabawi

Kamera pemantau suhu tubuh di Masjid Nabawi, Madinah. Foto: SPA

Arab Saudi terus melakukan berbagai upaya demi menanggulangi pandemi virus korona (Covid-19), termasuk dengan meningkatkan pemantauan di masjid. Kini, otoritas Negeri Petrodolar itu memasang kamera pemantau suhu tubuh di Masjid Nabi di Madinah.

Saudi Press Agency mengabarkan, kamera termal akan memonitor suhu tubuh siapa pun di tempat suci yang juga dikenal dengan nama Masjid Nabawi itu. Menurut Jawatan Umum untuk Masjid Agung dan Masjid Nabi, kamera itu untuk mencegah penyebaran virus korona.

Perangkat pencitraan termal mampu memindai suhu tubuh 25 orang dalam jarak 9 meter pada waktu bersamaan dengan akurasi tinggi. Kamera-kamera itu bekerja tanpa henti serta memberikan laporan video dan audio secara real-time untuk semua orang.

Selanjutnya, data hasil pemindaian kamera pemantau suhu tubuh itu disimpan selama satu bulan. Hal itu memungkinkan para ahli dengan menggunakan telepon pintar mereka mengambil data pengunjung Masjid Nabawi dari jarak jauh.Angka terakhir kasus Covid-19 di Arab Saudi sudah mencapai 7.142. Dari angka itu, jumlah yang meninggal dunia 87 orang. (*)