Trump Pulang ke Rumahnya di Florida, tak Hadiri Pelantikan Joe Biden

130

Presiden Donald Trump meninggalkan Washington DC dan pulang ke kediamannya di Florida, jelang transisi kekuasaan ke Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden.

Trump terbang menumpangi Air Force One Rabu pagi waktu setempat, setelah menaiki Marine One dari South Lawn Gedung Putih.

Dia tak menghadiri inaugurasi pelantikan Joe Biden sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat.

Sebelum naik Air Force One, Trump berpidato tanpa naskah di depan pendukungnya di Pangkalan Militer Joint Base Andrews di Maryland.

“Merupakan kehormatan dan hak istimewa terbesar saya untuk menjadi presiden Anda,” katanya disambut sorak-sorai. “Saya berharap pemerintahan baru beruntung dan sukses besar, dan saya pikir mereka akan sukses besar. Mereka memiliki dasar untuk melakukan sesuatu yang sangat spektakuler,” imbuhnya seperti dilansir NBC News.

Nada bicaranya berubah dari minggu-minggu sebelumnya, di mana Trump terus bersikeras tanpa bukti menyatakan dia tidak kalah dalam pemilihan. Bahkan, memicu reaksi kerumunan para pendukungnya yang menyerang Capitol dalam upaya menghentikan pemilihan Presiden terpilih Joe Biden.

Dalam kebijakan terakhirnya, Gedung Putih mengumumkan bahwa Trump menyetujui pencabutan beberapa tarif aluminium di Uni Emirat Arab.

Baca Juga:  Covid-19 Melonjak, Dokter di Rusia Geram Surati Tokoh Antivaksin

Dia juga memberikan pengampunan kepada Albert J. Pirro, Jr., mantan suami pembawa acara Fox News Jeanine Pirro dan salah satu mantan pengacara real estate Trump yang dihukum karena penipuan pajak lebih dari 20 tahun yang lalu.

Trump dinilai melanggar tradisi puluhan tahun karena tidak berpartisipasi dalam transisi kekuasaan secara damai dan tidak menghadiri pelantikan Joe Biden.

Dalam pidatonya Trump berterima kasih kepada keluarganya, Kepala Staf Mark Meadows, ibu negara Melania Trump, dan Wakil Presiden Mike Pence, dan mengisyaratkan masa depan politiknya.

“Kami akan kembali dalam beberapa bentuk,” katanya,

Presiden yang berakhir masa jabatan biasanya berangkat setelah presiden terpilih dilantik, dengan jet khusus pemerintah. Namun Trump, yang berjuang keras untuk membatalkan hasil pemilu 2020, memilih untuk mengatur jalan keluar alternatif yang dipenuhi keriuhan ketika dia masih menjadi panglima tertinggi dan terbang dengan Air Force One dalam perjalanan ke rumahnya di Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida.

“Semoga hidupmu menyenangkan. Sampai jumpa lagi,” kata Trump. Pesawatnya berangkat dengan suara “My Way” Frank Sinatra.(NBC/*)