Kim Jong Un Jalani Operasi Kardiovaskular

Kim Jung Un (kiri, depan) saat bersama para ajudannya dalam sebuah kegiatan. Pemimpin Korea Utara itu menjalani operasi kardiovaskular dan kondisinya disebut kurang baik (KCNA via Reuters)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang menjalani pemulihan pascaoperasi jantung. Rumor menyebutkan bahwa kondisinya tak begitu baik. Tapi, kabar itu dibantah oleh otoritas Korut yang mengatakan tidak ada tanda-tanda Kim Jong Un sakit parah setelah menjalani operasi kardiovaskular (jantung) awal bulan ini.

Spekulasi mengenai kondisi kesehatan Kim Jong Un meningkat karena ketidakhadirannya dalam acara bersama Daily NK, sebuah situs web khusus yang dijalankan oleh para pembelot Korea Utara. Kim kini sedang dalam masa pemulihan di sebuah desa di resor Gunung Kumgang setelah menjalani operasi pada 12 April.

Dua sumber pemerintah mengatakan kepada Reuters bahwa laporan Kim dalam kondisi buruk adalah tidak benar. Korea Utara memang sedikit membagikan informasi terkait kondisi terkini Kim.

“Sangat jelas bahwa Kim Jong Un ‘hilang’ sepanjang minggu lalu. Tapi harus diakui bahwa ada banyak desas-desus tentang kesehatannya yang sedang terjadi saat ini,” kata Kepala Eksekutif Korea Risk Group, Chad O’Carroll, seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa (21/4).

Dia mencatat bahwa Kim telah muncul di depan umum tiga kali pada Januari dan Februari, kemudian enam kali pada Maret. Sejauh ini pada April juga telah muncul tiga kali.

Kegemukan dan Perokok

Kim selama ini memang kelebihan berat badan dan kesehatannya memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu karena terlalu banyak merokok dan banyak bekerja seperti laporan Daily NK. Kardiovaskular seperti jantung dan stroke memang meningkat risikonya pada perokok.

“Setahu saya adalah bahwa dia (Kim) telah berjuang (dengan masalah kardiovaskular) sejak Agustus lalu tetapi memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu,” kata sebuah sumber.

Kim pergi ke rumah sakit setelah memimpin pertemuan Politbiro Partai Buruh yang berkuasa pada 11 April. Itu merupakan acara publik besar terakhirnya. Hingga kini belum ada laporan resmi dari Korea Utara tentang kondisi terkini Kim Jong Un selama masa pemulihan. (*)