Prodi KPI UIN Imam Bonjol Padang Gelar Kuliah Dosen Tamu UiTM Malaysia

53

Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Imam Bonjol Padang menyelenggarakan kuliah dosen tamu (visiting lecturer) secara daring, 22-25 November 2022.

Visiting Lecture terselenggara atas fasilitasi Dr Nofel Nofiadri dari International Office UIN Imam Bonjol Padang yang menghubungkan Prodi KPI dengan pengajar dari Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, mitra kerja sama perguruan tinggi UIN Imam Bonjol Padang.

Visiting Lecture berbasis mata kuliah ini diadakan di kelas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa dan Komunikasi Sosial yang diasuh oleh Ghina Novarissa, Dosen Prodi Komunikasi Penyiaran Islam. Alokasi waktu yang disediakan lebih kurang 12 jam pelajaran.

“Dosennya Miss Wan Azfaroza Wan Athmar,” kata Muhammad Nasir, Ketua Prodi KPI, Selasa (22/11/2022).

Miss Wan adalah Senior Lecturer & Internship Coordinator for Diploma in New Media Communication and Contentpreneurship di Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia. Bidang keahliannya adalah Broadcast Management, TV and Radio Production, New Media Communication.

“Pertemuan kita kali ini secara daring, namun nanti kita berharap dilakukan secara tatap muka, baik di kampus UIN Imam Bonjol Padang ataupun di Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia. Mungkin pada hari ini Miss Wan yang jadi pengajar tamu, lain kali mungkin saja Bu Ghina (dosen KPI-red) dapat mengalami langsung bagaimana mengajar di kelas komunikasi di UiTM Malaysia. Untuk mahasiswa, kalau bisa, mahasiswa KPI atau prodi lainnya yang datang ke Malaysia,” paparnya saat membuka sesi perkuliahan.

Baca Juga:  AS Luncurkan Pesawat Pembom Siluman Berteknologi Tinggi, Sulit Dideteksi Musuh

Lebih lanjut, dosen Literasi Media prodi KPI itu menyampaikan, kegiatan Visiting Lecturer berbasis mata kuliah ini untuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa melalui dosen-dosen ahli dan praktisi yang diundang.

Selain itu, juga menambah kualitas pembelajaran, memberikan pengalaman langsung pada mahasiswa bagaimana kuliah dengan dosen asing (luar negeri), meningkatkan wawasan internasional bagi mahasiswa serta memberi peluang untuk melakukan networking dengan perguruan tinggi luar negeri.

Dari tempat terpisah, Abdullah Khusairi, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FDIK menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, ini satu usaha menuju prodi unggul.

“Kita sangat mendukung, sekaligus mendorong prodi lainnya di FDIK untuk melakukan kegiatan yang sama, bahkan dalam bentuk yang lebih baik,” ujar Khusairi.(rel)