Siswa SD dan SMP Belajar dari Rumah melalui Radio

Pengumuman belajar siswa SMP di rumah lewat Pro 2 RRI Padang. (Foto: FB RRI)

Untuk memaksimalkan proses belajar mengajar (PBM) yang dipindahkan dari sekolah ke rumah sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota Padang, Dinas Pendidikan Kota Padang melaksanakan program belajar lewat radio.

Lewat program bekerja sama dengan Pro 2 RRI Padang tersebut, siswa-siswi dan para yang berada di rumah bisa mendengarkan pembelajaran melalui saluran radio tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan, program belajar melalui radio ini tindak lanjut instruksi Wali Kota Padang tentang penanganan dampak virus Covid-19 di lingkungan Pemko Padang.

PBM dari sekolah ke rumah diperpanjang pemko Padang sampai 15 April karena status Kota Padang saat ini masih KLB (kejadian luar biasa) setelah ditemukannya kasus pasien positif Covid-19.

Habibul menjelaskan, untuk program belajar siswa jenjang SD dan SMP melalui RRI Pro 2 Padang, jadwal untuk SMP pukul 07.30-09.00. Sedangkan siswa SD pukul 15.00-16.00. Jadi, orang mengaksesnya lewat frekuensi FM 90,8 Mhz, live streaming rri.co.id, aplikasi RRI Playgo, dan YouTube Pro 2 RRI Padang,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, kata dia, guru SD dan SMP akan memberikan materi pembelajaran dan sekaligus penugasan melalui sambungan radio. “Pembelajaran melalui saluran radio dimulai 2 April hingga 15 April 2020. Ada tambahan edukasi tentang Covid-19,” katanya.

“Jadi ini tidak sebuah kewajiban, tapi hanya alternatif lain dalam belajar. Karena kan kalau belajar sendiri di rumah agak membosankan dan siswa bisa memanfaatkan program ini,” jelasnya.

Kepala Stasiun RRI Padang, Lahar Rudiyarso menyampaikan, siaran Ibu Pertiwi Memanggil “Belajar Dari Rumah” dilatarbelakangi banyaknya orangtua yang masih kebingungan menyikapi belajar dari rumah, dan menggantikan peran guru di rumah untuk mendidik anak mereka.

Menyikapi itu, RRI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Padang dan Sumatera Barat, Universitas Negeri Padang, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya. “Guru-guru didatangkan untuk mengajar melalui siaran RRI Padang,” imbuhnya.(adk)