Sah! Unand Resmi Berstatus PTNBH, Yuliandri: Kampus jadi Lebih Otonom

43

Universitas Andalas resmi beralih status dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri mengatakan proses panjang yang dilakukan sungguh- sungguh bersama civitas akademika Unand itu, telah selesai dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2021 tentang Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) Universitas Andalas, tertanggal 31 Agustus 2021.

Sebelum ditetapkan, Rancangan PP PTNBH itu diserahkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kepada Presiden Jokowi.

Sebelumnya, saat pelantikan Koordinator dan Sub Koordinator pada Jumat (11/6) lalu di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang, Yuliandri mengungkapkan bahwa proses peralihan status ini sudah berlangsung sejak 2016.

Lebih lanjut, Yuliandri menyampaikan dengan perubahan status ini akan membuka ruang kepada kampus lebih otonom, baik dalam bidang akademik seperti pendirian program studi (prodi) maupun melakukan berbagai kerja sama.

“Termasuk juga bisa melakukan berbagai akivitas lain yang bisa meningkatkan dan mengembangankan, baik proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya seperti dilansir laman unand.ac.id.

Dengan perubahan status ini, lanjutnya, maka pengembangan Unand lebih bisa ditingkatkan,  terutama daya saing baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Informasi Rektor Unand terkait Unand menjadi PTNBH langsung disyukuri banyak kalangan dan alumni Unand.

“Alhamdulillah diumumkan di hari baik oleh Pak Rektor yaitu Hari Jumat, semoga dilancarkan Unand jadi PTNBH ini,” ungkap Dekan FIB Herwandi.

Komisioner Komisi Informasi (KI) Sunbar yang juga alumni Unand Adrian Tuswandi juga mengungkapkan hal senada.

“Allhamdulillah, mantap dan sukses buat Unand. Ini bukti proses tidak mengkhianati hasil,” ujar Adrian lewat chat ke Akademisi Unand Yuniwati.

Yuniwati sendiri mengaku begitu Rektor Unand sebut PNTBH hitungan mundur banyak akademisi Unand berdoa bersama.

“Ya, tadi kami doa bersama untuk dilancarkan sahnya PP PNTBH Unand. Allhamdulillah 20 menit lalu PP Nomor 95 tahun 2021 sudah sah,” ujar Yuniwati.(rel/idr)