Robot “Proklamator” UBH Unjuk Gigi Dalam Kontes Robot Indonesia 2020

141
Tim robot Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta unjuk gigi pada Kontes Robot Indonesia (KRI 2020) .

Tim Robot Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta unjuk gigi pada  Kontes Robot Indonesia (KRI 2020) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud RI secara online di Aula serba guna  FTI Kampus III Universtias Bung Hatta, Gunung Pangilun, Rabu (7/10/2020).

“Tim Robot Proklamator UBH mengikuti KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) dikomandoi Muhammad Nafis Tarmizi dengan tim yang terdiri dari Zhafaren Devitra, M Andhika Shidiq, Fauzi Ikhwan dan Rafi Hakiki,” ungkap Nafis.

Ditambahkan Nafis, tim robotik UBH kembali berpartisispasi untuk saling unjuk kemampuan dalam rancang bangun dan rekayasa di bidang robotika.  “Persiapan kita hanya dalam waktu singkat dan dengan segala keterbatasan. Namun dukungan berbagai pihak, membuat kami bersemangat, untuk bisa ikut berpartisipasi bersama dengan perguruan tinggi lain di Indonesia,” ujarnya.

Lebih jauh Nafis menyebutkan kontes Robot Pemadam Api Indonesia itu merupakan sebuah robot berkaki diletakkan di sebuah titik start (home) di sebuah arena yang mensimulasikan sebuah miniatur gedung yang terbuat dari kayu.

Baca Juga:  FMIPA Unand Mesti Berkontribusi lebih Besar

“Ketika robot yang telah diprogram dilepas, akan menuju ke ruangan-ruangan dan melakukan penyemprotan. Penyemprotan ke 4 ruangan tersebut diberikan waktu selama 5 menit dan kembali ke titik home setelah melakukan penyemprotan,” imbuh Nafis.

Kegiatan KRI tahun ini diselenggarakan secara bertahap, dimulai dengan Kontes Tingkat Wilayah yang diselenggarakan pada dua wilayah. Wilayah I mencakup Indonesia bagian Barat dan Wilayah II mencakup Indonesia bagian Timur.

Sejumlah tim terbaik pada Kontes Tingkat Wilayah akan diundang untuk ikut serta pada Kontes Robot Indonesia 2020 Tingkat Nasional. Puspresnas menunjuk ITB menjadi tuan rumah penyelenggaraan kontes nasional secara online tersebut. (*)