15 Siswa di Kota Padang tak Lulus

Ilustrasi. (Foto: IST)

Kelulusan siswa SMP di Kota Padang telah diumumkan Sabtu (6/6). Hasilnya, 99 persen lebih siswa SMP di Kota Padang dinyatakan lulus.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang, Syafrizal Syair kepada Padang Ekspres, Minggu (7/6) mengatakan, pengumuman kelulusan siswa SMP baik negeri maupun swasta di Kota Padang dilakukan Jumat (5/6)dan Sabtu (6/6).

Dari hasil pengumuman tersebut, didapatkan hasil 99 persen lebih siswa SMP di Kota Padang dinyatakan lulus dan berhak melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA sederajat.
“Tingkat kelulusan siswa SMP di Kota Padang 99 persen lebih dari 97 SMP negeri dan swasta di Kota Padang,” ujarnya.

Syafrizal mengungkapkan, untuk data resmi berapa jumlah siswa yang dinyatakan lulus di SMP negeri dan swasta masih dalam tahap penghitungan, lantaran ada beberapa sekolah yang belum memberikan laporan kepada Disdik kota Padang terkait berapa jumlah siswa mereka yang lulus.

“Namun yang jelas ada terdapat 15 siswa yang dinyatakan tidak lulus dari 97 SMP negeri dan swasta di Kota Padang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Syafrizal menyampaikan, mekanisme pengumuman kelulusan dari sekolah kepada siswa-siswi dilakukan secara online melalui sejumlah media sosial yang dimiliki oleh guru dan orangtua siswa. “Karena saat ini di Kota Padang ada pandemi Covid-19, makanya untuk mencegah siswa beramai-ramai datang ke sekolah, maka pengumuman kelulusan disampaikan melalui media sosial,” jelasnya.

Sementara untuk mekanisme penilaian kelulusan masing-masing siswa, ditentukan dengan melihat nilai siswa yang didapatkan pada semester I kelas 9 dan juga nilai di semester II diambil dari nilai semester I kelas 7 sampai kelas 9. “Semua nilai yang didapatkan siswa dari semester-semester sebelumnya secara umum dijadikan sebagai pedoman untuk menentukan lulus atau tidaknya seorang siswa,” ujarnya.

Seementara, SMPN 5 Padang mencatat 100 persen kelulusan tahun akademik 2019/2020. Sebanyak 255 orang dinyatakan lulus dan bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA sederajat. “Alhamdulillah siswa kita kelas 9 yang berjumlah 255 orang lulus 100 persen. Pengumuman sendiri dilakukan pada Sabtu kemarin,” ujar Kepala SMPN 5 Padang, Junaidi kepada Padang Ekspres, kemarin.

Ia mengatakan, mekanisme pengumuman hasil kelulusan siswa SMPN 5 Padang diumumkan melalui media sosial WhatsApp (WA). Hal tersebut dilakukan sebagai pencegahan terjadinya kerumunan siswa di tengah pandemi Covid-19.

“Hasil kelulusan kami sampaikan lewat WA masing-masing orangtua siswa kelas 9. Intinya kita mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Dan alhamdulillah, hampir semua orangtua siswa memiliki WA,” jelasnya.

Junaidi menambahkan, penentuan kelulusan siswa dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yakni dengan cara melihat nilai rapor siswa dari semester I sampai V.

“Di samping nilai semester I sampai V, sikap dan tingkah laku siswa selama menjadi siswa SMPN 5 Padang juga diperhatikan dan menjadi salah satu penilaian dalam kelulusan,” ungkapnya.

Kondisi serupa juga terjadi di SMPN 2 Padang. Sebanyak 254 siswa SMPN 2 Padang dinyatakan lulus 100 persen. Kepala SMPN 2 Padang, Witra Dewi mengatakan, keseluruhan siswa kelas 9 SMPN 2 Padang dinyatakan lulus pada tahun akademik 2019/2020.

Pengumuman kelulusan siswa SMPN 2 Padang diumumkan melalui aplikasi yang dibuat oleh pihak sekolah, dimana setiap siswa kelas 9 bisa melihat kelulusan mereka melalui aplikasi tersebut. “Di aplikasi tersebut, siswa kami cukup memasukkan nomor siswa mereka dan kemudian akan keluar hasil apakah mereka lulus atau tidak,” jelasnya.

Witra mengungkapkan, keberhasilan kelulusan 100 persen yang didapatkan para siswa tak terlepas dari persiapan yang telah dilakukan oleh siswa baik sewaktu belajar di sekolah maupun saat dipindahkan ke ke rumah. “Selama siswa belajar di rumah, kita minta terus siswa menjawab soal-soal yang berada di aplikasi Ge School sehingga kami bisa memantau terus aktivitas siswa selama belajar di rumah,” ungkapnya. (a)