Pesan Direktur Politani Payakumbuh saat Wisuda Tatap Muka 492 Mahasiswa

30

Sebanyak 492 mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Payakumbuh, mengikuti wisuda di Auditorium kampus mereka, kawasan Tanjungpati, Harau, Limapuluh Kota, Sabtu (9/10/2021).

Dalam wisuda yang digelar tatap muka, tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19) tersebut, Direktur Politani Payakumbuh Elvin Hasman menegaskan, wisuda bukanlah sebatas euforia kegembiraan dan bukan sebuah akhir dari sebuah perjalanan pendidikan.

“Lebih jauh dari pada itu,  wisuda adalah awal tantangan baru, permasalahan baru dan gerbang awal awal memasuki kehidupan yang sebenarnya,” kata Elvin Hasman dalam pidato yang disampaikan dihadapan  Senat Politani Payakumbuh dan ratusan wisudawan.

Dalam kesempatan ini, Elvin Hasman menyebutan, di Indonesia masih banyak pengangguran dan para lulusan perguruan tinggi juga menjadi bagiannya. Karena itu, Elvin berharap, lulusan Politani Payakumbuh menjadi fresh graduate yang mempunyai skill.

“Berhenti kuliah bukan berarti berhenti belajar, karena setelah lulus kuliah, akan memasuki kampus yang baru lagi yaitu kehidupan. Di sana nanti Anda akan belajar banyak hal dan akan banyak pelajaran hidup yang Anda dapatkan,” kata Elvin Hasman kepada para lulusan Politani Payakumbuh.

Elvin juga berharap, lulusan Politani Payakumbuh harus selalu bisa menghargai orang lain dimanapun berada. Jadilah lulusan yang tidak hanya mempunyai hard skill bagus tapi juga mempunyai soft skill yang bagus juga.

Baca Juga:  PT Telkom-SMK di Sumbar Jalin Kerja Sama Kelas Industri Fiber Optic Telkom

“Jika anda kekurangan hard skill itu bisa dipelajari, tapi jika anda kurang dalam soft skill itu akan menjadi hambatan yang serius dalam hidup di tengah masyarakat. Tugas Anda bukanlah berhasil, tapi tugas Anda adalah untuk selalu mencoba. Mencoba untuk terus menemukan kesempatan untuk berhasil. Teruslah belajar dan jadilah pemilik masa depan,” katanya.

Atas nama pimpinan dan keluarga besar Politani Payakumbuh, Elvin mengucapkan selamat atas keberhasilan 492 lulusan menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Ahli Madya ataupun sarjana. Selanjutnya, para lulusan ini tentu akan menjadi icon Politani Payakumbuh di tengah-tengah masyarakat.

“Saudara akan menjadi cerminan Politani Payakumbuh di tengah masyarakat. Baik buruknya Politani akan tergantung dengan bagaimana sikap dan kontribusi saudara di tengah masyarakat. Semoga ilmu dan kompetensi yang  Saudara peroleh dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Dan seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya jadilah lulusan yang tidak hanya mempunyai soft skill, tapi jadilah lulusan yang juga mempunyai etika, perilaku dan soft skill yang bagus ditengah-tengah masyarakat,” tutur Elvin Hasman. (frv)